Ini Menu Sahur Dan Buka Puasa Yang Aman Untuk Penderita Gerd

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Penderita GERD kudu mewaspadai makanan nan dipilih agar tak memperparah penyakitnya. Saat puasa, ini menu sahur dan buka puasa nan kondusif untuk dikonsumsi.

Penderita Gastroesophageal reflux disease (GERD) alias penyakit masam lambung disarankan untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari. Jangan sampai kondisinya semakin parah lantaran asupan nan tidak tepat.

Sebagai informasi, GERD adalah kondisi ketika masam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam) akibat produksi masam lambung nan berlebihan. GERD nan disebabkan oleh melemahnya katup di bagian bawah kerongkongan namalain sfingter ini bisa menyebabkan sensasi perih dan panas terbakar pada tulang dada (heartburn).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dokter ahli penyakit dalam konsultan Gastroenterohepatologi, dr. Aru Ariadno Sp.PD KGEH mengungkapkan bahwa meskipun tidak ada asupan khusus, pengidap GERD wajib memerhatikan jenis dan bahan makanan nan dikonsumsi selama Ramadan agar ibadah puasa berjalan lancar dan nyaman.

dr. Aru mengatakan, makanan dan minuman nan wajib dihindari penderita GERD alias gangguan lambung lainnya adalah kopi, makanan terlalu pedas, ketan, hingga tape saat sahur. Selain itu, dia juga mendorong pengidap gangguan lambung untuk mengonsumsi makanan tinggi serat.

"Usahakan diet tinggi serat saat sahur. Dietnya saat sahur diusahakan tinggi serat, cukup protein, dan hindari karbohidrat tinggi. Jangan asam, soda, kopi, alias ketan dan santan," tegas dr. Aru kepada CNBC Indonesia.

Anjuran pola makan saat buka puasa bagi penderita GERD

Tidak hanya menu sahur, dr. Aru juga meminta para penderita penyakit lambung untuk memerhatikan pola makan saat berbuka puasa. Ia menegaskan, makan besar baru boleh dilakukan setelah salat Maghrib. Bukan saat berbuka puasa.

"Saat berbuka puasa hindari balas dendam. Cukup berbuka dengan nan manis dan jangan terlalu banyak. Hindari asam, terlalu pedas, soda, dan kopi," imbau dr. Aru.

Ilustrasi kurmaIlustrasi kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini

"Saat berbuka mulai dengan nan manis, seperti kurma alias teh manis. Jangan langsung makan besar lantaran bagi penderita masam lambung perut bisa begah dan terganggu akibat mendadak dapat asupan nan banyak," lanjutnya.

Sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadan, dr. Aru mengimbau masyarakat nan mempunyai gangguan lambung, terutama masam lambung untuk berkonsultasi ke master untuk mendapat pedoman berpuasa dan obat nan sesuai kebutuhan.

Doyan Pedas? Ini 6 Tipe Kepribadian Pencinta Makanan PedasMakanan Pedas Foto: Getty Images

Berikut daftar makanan nan perlu dihindari oleh penderita GERD selama berpuasa Ramadan menurut dr. Aru:

1. Makanan pedas
2. Makanan asam
3. Makanan bersantan
4. Kopi
5. Ketan
6. Tape
7. Soda

Artikel ini sudah tayang di CNBC Indonesia dengan titel Menu Sahur & Berbuka Puasa Paling Aman untuk Penderita GERD

Simak Video "Ahli Gizi Tak Sarankan Sahur Pakai Mi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food