Ini 7 Menu Diet Ringan Yang Bagus Dikonsumsi Penderita Gastritis

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Penyakit gastritis tak boleh disepelekan. Agar tak semakin parah, penderitanya kudu mengatur pola makan. Berikut 7 menu nan disarankan untuk dikonsumsi.

Penyakit gastritis merupakan kondisi radang di perut nan dapat memicu masam lambung. Selain itu, sejumlah indikasi kerap menyertai seperti nyeri di ulu hati, kembung, mual, dan muntah.

Pola makan pun berkedudukan krusial dalam mengatasi kondisi ini. Diet nan ramah gastritis dapat membantu meringankan gejala. Konsumsi makanan nan dapat meringankan radang dan hindari pula makanan nan dapat memperparah peradangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Healthline, sejumlah makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengurangi indikasi gastritis. Di antaranya makanan tinggi serat, makanan rendah lemak dan keasaman, minuman berkarbonasi dan bebas kafein, serta makanan nan mengandung probiotik.

Berikut rekomendasi menu diet ringan untuk penderita gastritis dilansir dari beragam sumber.

1. Buah dan sayur

Cara sehat masak sayuranKonsumsi buah dan sayuran bisa melindungi masam lambung. Foto: iStock

Mengutip Verywell Health, penderita gastritis sebaiknya menghindari buah-buahan nan asam, seperti jeruk dan tomat, alias sayuran nan digunakan untuk menambah rasa dan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Sebaliknya, pilihlah buah dan sayuran rendah masam seperti apel, beri, labu, dan wortel. Pisang juga dapat membantu merangsang produksi lendir nan melindungi masam lambung.

Namun, hindari makan pisang terlalu banyak lantaran dapat menyebabkan kembung, gas, dan kram pada beberapa orang.

2. Gandum utuh

Oatmeal in a wooden bowlGandum utuh juga bisa dimasukkan ke dalam menu diet harian. Foto: Getty Images/iStockphoto/t_kimura

Sertakan biji-bijian utuh, seperti roti, nasi merah, dan pasta dalam menu harian Anda. Biji-bijian ini ideal lantaran rasanya tawar dan mengandung serat nan krusial untuk kesehatan pencernaan).

Oat, barley, dan quinoa adalah pilihan bergizi lainnya.

Jika Anda mempunyai indikasi nan membikin susah makan, seperti kembung alias kram, nasi putih alias kentang putih mungkin lebih mudah dicerna.

Hindari jagung dan apapun nan terbuat dari jagung, seperti roti jagung, pasta tertentu bebas gluten, dan produk lainnya. Ini mengandung gula nan dapat memperburuk gastritis.

Rekomendasi makanan diet lain nan cocok untuk penderita gastritis bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Melihat Fenomena War Takjil di Benhil"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food