Habis Minum Kopi Malah Ngantuk? Ini 5 Penyebabnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Minum kopi biasanya tubuh bakal segar dan mata melek. Ternyata kopi juga bisa menimbulkan kantuk, ini 5 penyebabnya.

Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat membikin mata lebih melek dan tubuh lebih bertenaga. Hal ini juga dibenarkan oleh mahir kesehatan dan para peneliti.

Cara kerja kafein nan memblokir adenosin membikin tubuh seolah terus terjaga setiap saat. Ternyata bagi sebagian orang konsumsi kopi tak lagi relevan untuk menahan kantuk maupun meringankan rasa lelahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bukan suatu keanehan, pengaruh tersebut juga sangat memungkinkan ditimbulkan oleh kopi. Ada beberapa argumen kenapa kopi bisa membikin segelintir penikmatnya justru merasa mengantuk dan tetap kelelahan.

Baca juga: Bukan Sekedar Sunnah, Ini 4 Alasan Anjuran Berbuka Puasa dengan nan Manis

Berikut ini 5 argumen kopi bikin mengantuk menurut Sleep Foundation:

Habis Minum Kopi Malah Ngantuk? Ini 5 PenyebabnyaEfek kopi untuk menyegarkan tubuh bakal susah didapatkan pada tubuh nan kurang tidur. Foto: Getty Images/iStockphoto/SGAPhoto

1. Kurang tidur

Menurut survei nan dilakukan para peneliti, 1 dari 3 orang dewasa mengalami kondisi tubuh nan kurang istirahat. Normalnya orang dewasa kudu mendapatkan tidur malam selama 5-7 jam, tetapi kebutuhan ini begitu susah untuk dipenuhi.

Walaupun kopi cocok untuk membantu tubuh lebih terjaga tetapi kualitasnya tidak sama dengan menggantikan tidur malam. Sehingga ketika mencoba untuk minum kopi bukannya merasa antusias tubuhnya justru semakin mengantuk.

Konsumsi kafein nan terlalu banyak juga berakibat jelek pada kualitas tidur dan keahlian tubuh untuk mengelola agenda tidur nan sesuai. Dampaknya Anda juga bisa kesulitan tidur di malam hari dan selalu merasa mengantuk sepanjang hari.

2. Toleransi kafein nan tinggi

Ketika pertama kali minum kopi efeknya memang terbukti membantu membikin mata terasa melek. Alasan ini juga nan membikin banyak orang akhirnya kecanduan minum kopi.

Sayangnya jika minum kopi menjadi rutinitas dan kebiasaanmu pengaruh sebaliknya bakal terjadi. Tubuh tak lagi menganggap kafein sebagai sumber energi, kondisi ini disebut toleransi terhadap kafein.

Hasilnya Anda tak bakal lagi merasa lebih melek ketika menikmati secangkir kopi. Bahkan jika berakhir minum kopi tubuh bakal terasa jauh lebih capek dari biasanya.

Alasan kopi memicu kantuk lainnya ada di laman selanjutnya.

Simak Video "Mitos alias Fakta, Konsumsi Kangkung Bisa Bikin Ngantuk"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food