Duh! Adonan Roti Renyah Di India Ini Diinjak Kaki Telanjang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Pembuatan makanan di India kerap mencuri perhatian lantaran sering tidak higienis. Misalnya penjual roti renyah ini nan mencetak adonannya pakai kaki telanjang!

Keberagaman budaya kuliner di sebuah negara sepatutnya dihargai oleh semua orang. Perbedaan langkah mengolah makanan hingga pilihan makanan pun kerap terlihat dan merupakan perihal wajar.

Namun tak jarang budaya kuliner di sebuah negara dianggap kurang sesuai dengan selera alias prinsip penyajian makanan di banyak negara lain. Contohnya di India dimana penjual makanan kaki limanya sering kali dicap jelek dari segi higienitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penjualnya kerap 'tertangkap' kamera netizen sedang melakukan praktik kotor, seperti menyiapkan makanan dengan tangan dan kaki bugil hingga membiarkan makanan terpapar kontaminan debu sampai lalat.

Duh! Adonan Roti Renyah di India Ini Diinjak Kaki TelanjangProses memanggang adukan papad dilakukan dengan tangan telanjang. Foto: IG dabake_khao

Terbaru, produsen roti renyah unik India berjulukan papad jadi sorotan. Papad alias papadum merupakan roti nan sangat tipis sehingga bertekstur renyah. Dibuat dari lentil, chickpea, tepung beras alias kentang, jenis rempah, dan garam.

Dalam video IG unggahan @dabake_khao (13/3/2024) nan dikutip Food NDTV, seorang wanita terlihat tengah menyiapkan adukan papad. Adonan itu diaduk-aduk menggunakan tangan telanjang.

Setelahnya adukan papad dioleskan tipis di atas wajan panas nan lebar. Proses ini lagi-lagi dilakukan menggunakan tangan kosong hingga menghasilkan adukan nan mirip lembaran kain sangat kering.

Video ini juga memperlihatkan gimana lembaran papad ditumpuk untuk dibentuk bulat-bulat. Caranya memakai cetakan baja corak bulat nan ditekan menggunakan kaki telanjang!

Duh! Adonan Roti Renyah di India Ini Diinjak Kaki TelanjangAdonan papad dicetak dengan cetakan nan ditekan menggunakan kaki telanjang. Foto: IG dabake_khao

Selanjutnya helai demi helai papad dipisahkan untuk dijemur di atas terpal di bawah sinar matahari. Setelah kering, barulah papad bisa dikemas.

Video pembuatan papad nan dinilai tidak higienis ini pun telah mendapat tanda suka (likes) lebih dari 121 ribu. Banyak netizen memberikan komentar sindiran terhadap praktik tersebut.

"Higienitas meninggalkan obrolan," kata seorang netizen. "Wanita kreator papad: hygiene apa itu," sahut netizen lain.

Duh! Adonan Roti Renyah di India Ini Diinjak Kaki TelanjangPapad ditaruh di atas terpal untuk dijemur di bawah sinar matahari. Foto: IG dabake_khao

Ada juga netizen nan mengatakan para kreator papad itu hanya perlu diberitahu untuk menggunakan perangkat nan tepat, sekaligus praktik higienitas nan benar.

Sementara netizen lain memihak praktik pembuatan papad ini. Ia menyebutnya tetap lebih baik daripada "fast food". "Masih lebih bagus (makan ini) dibanding menu restoran sigap saji dan makanan kaki lima," kata seorang netizen.

"Paling tidak, wanita kreator papad itu cukup hati-hati untuk tidak menginjak papad," ucap netizen lain. Nah, gimana menurutmu?

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food