Curhatan Kocak Orang-orang Rebutan Takjil Dengan Non Muslim Saat Ramadan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Toleransi berakidah sangat terasa di bulan Ramadan. Salah satunya tercermin ketika berburu takjil dan kudapan menjelang buka puasa.

Tahun ini bulan Ramadan dirayakan secara meriah terutama di Indonesia. Tak komplit rasanya berbuka puasa tanpa takjil seperti es buah, gorengan, hingga jenis kue sebagai kawan berbuka.

Budaya berburu takjil ini cukup kental melekat di Indonesia. Buktinya nyaris setiap wilayah mempunyai pasar takjil hingga barisan penjual makanan kaki lima nan mulai berdagang di pinggir jalan sejak sore hari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak heran fans takjil dan camilan untuk berbuka puasa ini tak hanya umat Muslim saja, tapi juga non Muslim. Mereka apalagi ikut berburu takjil lebih awal. Dari sana muncul banyak curhatan kocak dari netizen nan merasa punya saingan saat berburu takjil.

"Selain setan nan dikurung (selama bulan Ramadan), tolong kurung nonis (non Islam) juga. Setidaknya dari jam tiga sore sampai waktu maghrib deh, biar takjil kami aman. Gue jam lima sore nyari takjil udah keabisan," curhat salah satu pengguna TikTok nan mendapatkan banyak komentar di TikTok dan X (Twitter).

Curhatan Kocak Orang-orang Rebutan Takjil dengan Non Muslim Saat RamadanCurhatan Kocak Orang-orang Rebutan Takjil dengan Non Muslim Saat Ramadan Foto: TikTok/Twitter/X

Banyak komentar kocak nan diberikan netizen, serta tanggapan netizen non Muslim tentang enaknya makanan dan camilan di bulan Ramadan.

"Ooooh tidak bisa. Puasa itu kewajibanmu, tapi takjil itu kewenangan kita bersama," banyolan @arie**.

"Tetangga gue nan non Muslim beli takjil di gue, dia bilang ini lontong isinya lezat gak? Gue suruh coba, eh dia bilang kalo dia lagi puasa dan nunggu buka juga," komen @lus**.

"Persaingan tinggi banget emang, udah mah Muslimnya pas berburu takjil rame keluar semua. Ketambahan colongan start dari non Muslim, makanya jam separuh lima sore ada nan penjualnya udah dikit. Jam lima nan sebenarnya sejam lebih buka udah kehitung telat lantaran pada habis,"cuhrat @ha**.

Curhatan Kocak Orang-orang Rebutan Takjil dengan Non Muslim Saat RamadanCurhatan Kocak Orang-orang Rebutan Takjil dengan Non Muslim Saat Ramadan Foto: TikTok/Twitter/X

Tentunya curhatan tentang persaingan beli takjil antara Muslim dan non Muslim di bulan Ramadan lebih ke arah candaan saja. Di kolom komentar banyak netizen nan memuji bahwa bulan Ramadan memang dirayakan banyak orang di Indonesia dan tidak terbatas pada satu kepercayaan saja.

"Masya Allah, nan jalanin ibadahnya umat Islam, nan merayakannya seluruh umat," puji @princ**.

Selain berburu takjil, toleransi berakidah pada bulan Ramadan juga terasa saat beberapa orang non Muslim memutuskan untuk mencoba berpuas demi menghargai umat Muslim di bulan Ramadan.

Baca Juga: Pengalaman Non Muslim Saat Menjalani Puasa Ramadan Pertama Kali" selengkapnya

Simak Video "Lebih Baik Berbuka dengan Minuman Hangat alias Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food