Ciri Khas Nasi Uduk Asli Betawi Yang Gurihnya Bikin Nagih

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Jakarta -

Nasi uduk diketahui makanan original dari Betawi (Jakarta). Cita rasanya gurih dan biasanya disajikan dengan jenis lauk lezat. Begini karakter khasnya!

Nasi uduk merupakan makanan unik Betawi nan sangat populer. Umumnya nasi uduk disajikan sebagai menu sarapan dan ditawarkan oleh orang original Betawi.

Nasi bercita rasa gurih ini terbuat dari campuran santan dan jenis ramuan rempah. Selain rasanya nan gurih, nasi uduk juga terkenal dengan aromanya nan wangi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kini nasi uduk tak hanya ditawarkan oleh orang original Betawi, tapi sudah menjadi masakan nan umum. Mudah sekali ditemui pada penjual pecel lele di Jakarta.

Nasi uduk racikan original Betawi biasanya lebih gurih dan tekstur nasinya tak begitu pulen. Pilihan lauknya juga berbeda dan kudu ada sambal kacangnya.

Berikut karakter unik nasi uduk original Betawi:

1. Karakteristik Nasi

Nasi Uduk Toha, tempat makan nasi uduk paling terkenal di Lampung.Nasi Uduk Foto: detikFood/Sonia P. Basoni

Nasi nan biasa disajikan untuk nasi uduk biasanya bertekstur tidak begitu pulen. Para penjual nasi uduk ini biasanya menggunakan beras pera dalam pembuatannya.

Namun, banyak juga nan mencampurkannya dengan beras pulen. Karena itu teksturnya tak begitu kering, terasa lembek ketika disantap.

Beberapa penjual nasi uduk Betawi juga kerap mencampurkan minyak kelapa pada racikannya. Fungsinya agar beras tidak menempel satu dengan nan lainnya. Rasanya semakin sedap lantaran taburan bawang merah goreng.

2. Lauk nan Harus Disajikan

nasi uduk mpok faridanasi uduk mpok farida Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Saat ini kebanyakan penjual nasi uduk menawarkan beragam pilihan lauk pendamping. Padahal, racikan original Betawi hanya menggunakan lauk sederhana.

Satu jenis lauk nan wajib disajikan adalah semur. Isinya pun sederhana saja, hanya berupa tahu, tempe, telur, kentang, dan jengkol.

Selain semur, lauk lain nan tak boleh terlewatkan adalah bihun goreng dan tempe orek. Beberapa penjual menyajikan tempe orek nan basah, tapi ada juga nan kering, tergantung pada selera saja.

Simak Video "Bikin Laper: Makan Nasi Uduk unik Betawi, Ada Pecak Lele"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food