Catat! 5 Makanan Ini Bagus Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Penderita glukosuria tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Jika menderita penyakit glukosuria jenis 2, ada beberapa makanan nan disarankan seperti 5 makanan ini.

Diabetes merupakan salah satu penyakit nan dialami banyak orang. Memang terdapat beberapa jenis diabetes, salah satunya glukosuria jenis 2 alias glukosuria melitus.

Diabetes ini menyebabkan kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menyebabkan gangguan pada beberapa organ, termasuk jantung, mata, dan saraf.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untungnya, glukosuria jenis 2 bisa dikelola dengan baik asalkan mengonsumsi makanan bernutrisi. Memilih makanan bergizi seimbang seperti protein tanpa lemak, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks pun dapat membantu menstabilkan gula darah, sekaligus menambah ragam pada pola makan.

Terdapat beberapa pilihan makanan nan secara unik cocok dikonsumsi oleh penderita glukosuria tipe-2. Melansir womenshealthmag.com (26/04), berikut daftarnya!

1. Protein

Jijik! Penjual Ini Lepaskan Tulang dari Daging Mentah Pakai MulutnyaBerbagai macam jenis protein, termasuk daging sebenarnya diperbolehkan dikonsumsi. Foto: Site News

Protein dianjurkan untuk dikonsumsi penderita glukosuria jenis 2 lantaran bisa menjaga keseimbangan hormonal, pertumbuhan, dan perbaikan otot.

Ahli gizi Kimberly Gomer, RDN juga mengungkap konsumsi sumber protein dapat mengelola gula darah serta mengenyangkan.

Protein nan dikonsumsi boleh protein hewani dan nabati. Jika memilih protein hewani, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak. Selain rendah kalori, daging tanpa lemak mempunyai faedah untuk menghalang lonjakan gula darah.

Kamu bisa mengonsumsi daging ayam, kalkun, bebek. Jika suka dengan daging, bisa makan tenderloin.

Selain daging, dianjurkan juga untuk mengonsumsi ikan, seperti salmon. Salmon baik dikonsumsi lantaran tinggi masam lemak baik berupa omega-3 nan dapat membantu mengurangi komplikasi serangan jantung dan stroke.

JAMA Internal Medicine, nan dikutip dalam Everydayhealth juga menganjurkan untuk setidaknya konsumsi ikan tinggi masam lemak sebanyak 2 kali dalam seminggu.

2. Sayuran

brokoliBrokoli menjadi salah satu nan dianjurkan lantaran mengandung serat, vtamin, dan potasium nan baik. Foto: Getty Images/iStockphoto/eyewave

Beberapa jenis sayuran bagus dikonsumsi penderita glukosuria lantaran merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat nan sangat baik. Kamu bisa mengonsumsi sayuran mentah, dikukus, alias dipanggang.

Misalnya, kembang kol nan bisa dijadikan pengganti nasi. Kembang kol mengandung indeks glikemik nan rendah, sehingga kondusif untuk kadar gula darah.

Brokoli juga bisa dikonsumsi lantaran kaya bakal serat, vitamin C, dan potasium. Kamu bisa mengolahnya dengan langkah dipanggang berbareng minyak zaitun, dan beri sedikit bumbu.

Daftar buah lainnya nan cocok dikonsumsi penderita diabetes, bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food