Caranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih Nikmat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Meracik kopi tidaklah sulit, ada beberapa tips hingga langkah nan sederhana untuk menghasilkan secangkir kopi nan nikmat.

Penggemar kopi pasti punya selera sendiri soal karakter kopi nan disukai. Biasanya para fans kopi ini punya biji kopi andalan, perangkat seduh jagoan apalagi teknik seduh nan kerap digunakan untuk menghasilkan kopi nikmat.

Beberapa orang tetap beranggapan jika kopi lezat hanya bisa diracik olah para barista di coffee shop, padahal Anda juga bisa menyeduh kopi nan aroma dan rasanya tak kalah enak. Apalagi kopi buatan rumah juga lebih irit serta bisa dinikmati sepuasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Thrillist (08/03) seorang penulis kitab The New Rules of Coffee, Jordan Michelman mengatakan untuk membikin kopi nikmat sebenarnya tidak memerlukan perangkat mahal alias keahlian khusus. nan paling diperlukan hanyalah memahami karakter kopi dan trik menyeduhnya.

Berikut beberapa tips dan trik nan bisa diterapkan untuk membikin secangkir kopi nikmat:


1. Pilihan Kopi dan Karakter Rasa

Caranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih NikmatCaranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih Nikmat Foto: Site News

Ada dua jenis kopi ialah arabika dan robusta, dari masing-masing jenis kopi ini terbagi lagi dengan ratusan apalagi ribuan kopi berasas asalnya. Setiap kopi ini mempunyai cita rasa khas, dan karakternya bakal berubah andaikan biji kopi mengalami proses roasting berbeda.

Ada tiga teknik roasting kopi nan terkenal ialah dark roast, medium roast dan light roast. Semua ini dibedakan berasas lamanya waktu pemanggangan kopi.

Jika Anda suka kopi nan beraroma dan rasa strong, pahit dan pekat maka biji kopi dark roast dianggap paling pas. Lain lagi jika Anda fans kopi nan rasanya sedikit strong tapi tetap nyaman di lidah maka cocok memilih biji kopi medium roast. Kopi ini juga cocok jadi kawan sarapan.

Ada juga kopi light roast nan rasanya ringan. Kopi ini terkenal di Skandinavia, karakter rasanya ialah ringan dan tetap bisa terasa jejak masam dan manis dari rasa alami kopi


2. Pastikan Kopi Masih Segar

Caranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih NikmatCaranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih Nikmat Foto: Site News

Kopi nan nikmat berasal dari biji kopi segar. Kualitas seperti aroma dan rasa kopi tetap tercium wangi saat kopi baru selesai diseduh. Oleh karenanya sangat krusial memandang tanggal produksi kopi.

Biji kopi idealnya bisa disimpan selama maksimal 6 minggu. Jika lebih dari itu maka kopi bakal kehilangan aroma dan rasanya. Jauhkan kopi dari makanan berbau tajam, sinar mentari langsung ataupun udara terbuka.

3. Alat Kopi Tak Perlu Mahal

Caranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih NikmatCaranya Mudah, Dengan 5 Tips Ini Racikan Kopi Jadi Lebih Nikmat Foto: Site News

Sebagian orang berpikir untuk mempunyai perangkat kreator kopi padahal ada beberapa perangkat nan dibanderol dengan nilai tinggi. Jordan Michelman mengatakan, perangkat kreator kopi nan harganya mahal belum tenu bisa menghasilkan kopi nikmat.

Yang Anda butuhkan untuk membikin kopi nikmat adalah biji kopi segar berbobot tinggi, air, penggiling kopi nan baik, dan perangkat seduh kopi. Dengan modal ini, siapapun bisa membikin kopi nikmat. Untuk karakter rasa bisa disesuaikan dengan jenis kopi dan teknik penyeduhan.

"Anda dapat membikin kopi nan betul-betul nikmat di rumah dan tidak menghabiskan banyak uang," kata Jordan Michelman.

Simak Video "Tips Bikin Kopi Enak di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food