Cara Membuat Kuah Kaldu Bakso Yang Gurih Mantap

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Tak asal merebus daging dan tulang, membikin kuah kaldu bakso nan gurih lezat ada triknya. Ikuti saja tips meracik kuah bakso nan gurih lezat ini.

Bola-bola daging dengan paduan kuah kaldu nan cerah gurih disukai banyak orang. Rasanya nan gurih dan hangat ini cocok juga jadi menu sahur nan praktis. Apalagi dilengkapi dengan mie.

Kuah kaldu sendiri menjadi aspek krusial dalam menentukan rasa bakso. Kuah kaldu terbuat dari saripati daging dan lemak nan direbus. Kuah kaldu ini bisa dibuat dalam jumlah banyak dan dijadikan stok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini 4 tips krusial saat membikin kaldu kuah bakso agar rasanya gurih lezat dan cerah menyegarkan.

1. Gunakan daging berlemak

Resep Bihun Kuah Daging dan BaksoGunakan daging berlemak untuk membikin kuah kaldu bakso. Foto: iStock

Tips utama untuk membikin kuah kaldu adalah menggunakan daging nan berlemak. Lemak tersebut bakal membikin kuah kaldu menjadi lebih lezat dan gurih. Jenis potongan sandung lamur cocok untuk kaldu bakso.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tetelan daging sapi dengan potongan lemaknya. Namun, perhatikan agar tidak terlalu banyak menggunakan lemak agar kuah tidak terlalu berminyak.

2. Gunakan api kecil

Saat merebus daging berlemak, didihkan air secukupnya terlebih dahulu. Kemudian masukkan potongan daging sapi. Rebus sebentar, lampau angkat daging sapi dan buang air perebusan berikut kotorannya.

Selanjutnya, didihkan air bersih lagi secukupnya. Masukkan daging dan lemak dan rebus dengan api mini sampai daging dan lemak empuk.

Untuk merebus daging ini, pastikan untuk selalu menggunakan api kecil. Ini agar air rebusan bergolak mini dan kaldu daging jadi bening dan gurih.

Tips membikin kuah kaldu bakso ada di laman selanjutnya.

Simak Video "Ahli Gizi Tak Sarankan Sahur Pakai Mi"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food