Bubur Sop Dan Cha, Menu Buka Puasa Ikonik Di Masjid Jamik Kebun Bunga Medan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Medan -

Selama ramadan, banyak masjid menyediakan menu buka puasa nan ikonik. Di Medan, Masjid Jamik Kebun Bunga terkenal dengan suguhan bubur sop dan cha nan ikonik.

Saat buka puasa, takjil selalu dicari lantaran rasanya lezat dan tidak begitu mengenyangkan untuk disantap sebelum salat magrib. Takjil pun kerap disediakan panitia masjid di beragam wilayah untuk memberi makan mereka nan berpuasa.

Tak jarang, takjil nan disediakan di masjid ini begitu lezat alias ikonik hingga jadi sorotan. Salah satunya tersedia di Masjid Jamik Kebun Bunga Medan nan ada di Jalan Taruma, Kecamatan Medan Petisah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sini ada menu bubur sop nan legendaris lantaran sudah ada sejak belasan tahun lalu. Bubur ini pun selalu jadi sasaran penduduk jelang waktu buka puasa.

BUbur sop punya karakter unik unik dengan rasa gurih dari potongan daging dan tulang sumsum. Sekilas bubur ini tampak sama dengan bubur lainnya berwarna putih dengan campuran potongan wortel, kentang, irisan daging maupun daun sop.

 Kartika Sari/detikSumut).Masjid Jamik Kebun Bunga menawarkan takjil legendaris berupa bubur sop untuk menu berbuka puasa. (Foto: Kartika Sari/detikSumut). Foto: Kartika Sari/detikSumut

Namun, begitu suapan pertama, detikers dapat merasakan tekstur bubur nan lembut namun dapat tetap merasakan ada tekstur daging ataupun potongan sayuran dan wortel. Rasa buburnya begitu gurih namun tetap nyaman di perut.

"Bubur sop ini ada sayuran ya dan beras nan jadi bubur. Ini semacam bubur sayur hanya sayurnya tak seperti biasa, ini ada kentang dan wortelnya. Rasanya ini gurih unik dari kaldu dagingnya," ungkap pengurus masjid Jamik Kebun Bunga Hilal Aziz kepada detikSumut, Minggu (17/3/2024).

Hilal menuturkan bahwa bubur sop ini mempunyai banyak faedah sebagai menu berbuka. Ia pun menyebut jenis rempah-rempah di dalam bubur ini cocok untuk kesehatan perut saat berbuka.

"Di dalam bubur ini ada banyak rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis nan dimasukkan ke dalam bubur ini. Jadi untuk kesehatan ini bagus untuk tubuh dan membikin nyaman di perut selain itu jika kurang lezat badan ya pas sekali makan bubur ini," kata Hilal.

Hilal bercerita bahwa tradisi bubur sop ini sudah ada sejak awal-awal masjid muslim India ini didirikan.

"Masjid ini Masjid India-Pakistan, maka kita buat lah karakter unik itu agar masyarakat tahu jika karakter unik menu berbuka di sini itu ada bubur sop. Di India ataupun Pakistan tiap berbuka biasanya pakai bubur ini, ini standar mereka," jelasnya.

Tea with milk or popularly known as Teh Tarik in MalaysiaCha, teh susu unik India nan dibuat dengan banyak rempah. Foto: iStock

Selain bubur sop, tak komplit jika tak ikut menikmati Cha alias teh susu unik India di masjid ini. detikers dapat merasakan aroma rempah-rempah nan lembut saat kita menghirupnya.

Warna Cha ini sama seperti teh tarik berwarna coklat. Teh susu unik India ini dimasak di belakang masjid menggunakan dandang besar. Ada beberapa pengurus nan ikut memasak Cha ini.

"Pembuatan Cha ini dari separuh empat sore. Jadi di dalam pembuatannya itu ada rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga, kembang lawang. Nah, itu dihaluskan dan dimasukkan ke dalam air nan dimasak dan terakhir kita taruh susu. Ini macam teh tarik, lebih kurang nyaris sama tapi lebih banyak rempahnya," pungkasnya.

Artikel ini sudah tayang di detiksumut dengan titel "Nikmatnya Berburu Bubur Sop-Cha Khas India di Masjid Jamik Kebun Bunga Medan"

(adr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food