Bongko Kopyor, Takjil Khas Gresik Yang Hanya Ada Saat Ramadan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Gresik -

Di tiap wilayah Indonesia ada menu takjil unik nan menarik dicoba. Saat ke Gresik, jangan lewatkan bongko kopyor nan manis, renyah, dan legit. Cocok untuk menu pembatal puasa.

Berburu takjil jadi agenda favorit muslim untuk menunggu waktu buka puasa namalain ngabuburit. Jenis takjil nan ada pun sangat beragam, dari nan gurih sampai manis.

Jika sedang di Gresik, pastikan mencicipi menu takjil unik nan hanya ada saat ramadan. Namanya bongko kopyor, singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor nan dibungkus daun pisang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setiap bulan puasa, bongko kopyor jadi takjil favorit nan diburu masyarakat. Bongko kopyor banyak diburu lantaran sensasi rasanya nan manis, legit, dan menyegarkan. Sangat pas untuk membatalkan puasa.

Penjual bongko kopyor di GresikPenjual bongko kopyor di Gresik. Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Harga bongko kopyor nan dipatok Rp 10 ribu saja per bungkus, membikin takjil ini semakin laku diburu. Kudapan ini banyak dijajakan di sepanjang jalan Perumahan Gresik Kota Baru (GKB).

Hidangan tradisional ini berbahan santan kelapa, pisang, nangka, potongan roti dan mutiara. Saat pertama kali dicoba, perpaduan manis dari pisang dan nangka berpadu sempurna dengan gurihnya santan.

"Alhamdulillah laris, apalagi pas jam pulang kerja banyak pembeli nan datang," kata Aini, seorang pedagang bongko kopyor di GKB, Kamis (14/3/2024).

Selain menjual bongko kopyor, Aini juga menjual bonggolan sidayu dan ndog alias telur ikan bader. Ia mengaku, bongko kopyor nan laku diburu pembeli.

Salah satu pembeli adalah Ismiyati (27), asal Cerme, Gresik. Wanita nan sehari-hari bekerja di Kota Gresik ini mengaku selalu mampir membeli bongko kopyor. Dia membeli 3 balut untuk berbuka puasa berbareng family di rumah.

Bongko kopyor unik GresikBongko kopyor unik Gresik dijual Rp 10 ribu per bungkus. Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Menurutnya, bongko kopyor ini rasanya manis dan legit, cocok untuk berbuka puasa.

"Pas pulang kerja mampir menyempatkan beli bongko kopyor untuk buka puasa sama family di rumah. Rasanya legit, ada irisan roti dan mutiaranya sama nangka, lezat pokoknya," kata dia.

Bongko kopyor biasanya dibuat dari Desa Manyar Sidomukti, Kecamatan Manyar, Gresik. Kemudian, ada nan berasal dari Mengare. Resep bongko kopyor di Gresik ini sudah turun temurun, para pembuatnya mempertahankan resep original leluhur.

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan titel "Hanya Ada Saat Ramadan, Kudapan Manis Bongko Kopyor Diburu Warga Gresik"

(adr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food