Bikin Kopi Cold Brew Bisa Pakai Air Kelapa, Begini Caranya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kopi cold brew banyak digemari. Cara membuatnya dilakukan dengan langkah sederhana. Selain air putih, rupanya bisa diracik dengan air kelapa.

Kopi cold brew adalah kopi nan berasal dari teknik menyeduh serbuk kopi hitam dengan air putih dingin (suhu ruangan). Lama menyeduhnya kurang lebih 12-24 jam untuk menghasilkan air kopi nan pekat nikmat.

Jenis kopi ini belakangan sangatlah populer. Banyak ditemui di beragam coffee shop. Namun, bisa juga dibuat sendiri di rumah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ternyata, cold brew tak hanya bisa dinikmati dengan air putih, tapi juga menggunakan air kelapa. Namun, sebelum mengetahui langkah meracik dengan air kelapa, perhatikan dulu langkah meracik cold brew nan normal.

Cara Meracik Kopi Cold Brew

Cara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee ShopCara Membuat Kopi Cold Brew ala Coffee Shop Foto: iStock

Kopi Cold Brew ini umumnya bisa dibuat dengan langkah sederhana di rumah. Menurut Insider, bahan nan diperlukan antara lain biji kopi, penggilingan kopi (grinder), tempat seduh, dan filter kopi. Bisa juga membeli kopi giling di toko.

Untuk cold brew, Anda bisa menggunakan segala jenis biji kopi, seperti arabika alias robusta. Pilih kopi favoritmu dan pastikan tetap segar sehingga rasanya nikmat.

Caranya dengan menyeduh kopi serbuk kasar dengan air, kombinasi sampai merata. Setelah itu simpan kopi seduh dalam wadah di dalam lemari es selama 12-24 jam.

Kalau mau menikmatinya, sajikan kopi cold brew ini dengan tambahan sedikit air. Bisa juga Anda tambahkan es batu ataupun susu. Perbandingan kopi cold brew dengan susu alias air direkomendasikan rasio 1:1.

Racikan pakai air kelapa ada di laman berikutnya...

Simak Video "Kopi Nako, Kafe Estetik nan Ramah Lingkungan di Jantung Kota Denpasar"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food