Bikin Acara Tema Mafia, Restoran Di Singapura Diprotes Duta Besar Italia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Restoran Italia di Singapura ini mengadakan promosi bertema mafia. Menjadi topik nan sensitif, duta besar Italia untuk Singapura pun protes hingga restoran melakukan perihal ini.

Kuliner Italia banyak nan terkenal lezat dan kerap dipromosikan dengan langkah unik. Misalnya pizza nan toppingnya dikombinasikan dengan cita rasa lokal sebuah negara alias gelato nan dibuat dengan paduan rasa istimewa.

Namun promosi makanan Italia rupanya bisa jadi sensitif dan menyinggung emosi warganya. Hal ini tercermin dari kasus sebuah restoran Italia di Singapura.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Mothership SG (9/3/2024), Gotti Italiano adalah restoran Italia dan bar cocktail nan berlokasi di Amoy Street. Terbaru, restoran berumur 2 tahun ini membikin promosi di media sosial tentang aktivitas nan mereka buat, Hip Hop Mafioso, pada 8 Maret 2024.

Bikin Acara Tema Mafia, Restoran di Singapura Diprotes Duta Besar ItaliaAcara Gotti Italiano nan dapat sorotan dari Duta Besar Italia untuk Singapura. Foto: Mothership SG

Tujuannya mengundang para pencinta musik hip hop, R&B, dan afrobeats untuk berkumpul berbareng di restoran. Mereka juga memajang foto artis Amerika di promosi tersebut ialah Tupac Shakur dan Snoop Dogg.

Sayangnya penamaan mafia pada aktivitas tersebut membikin duta besar Italia untuk Singapura, Dante Brandi kecewa. Ia juga menyoroti nama restoran nan seperti menyiratkan unsur mafia.

Sebab nama Gotti sama dengan John Gotti, bos kejahatan Italia-Amerika dari family pidana Gambino di New York City. Gotti dihukum pada 1992 atas beragam tuduhan, termasuk lima pembunuhan, menghalangi keadilan, dan pemerasan, dan akhirnya meninggal di penjara.

Brandi mengatakan mafia adalah perihal nan tidak dibanggakan oleh negaranya. Ia mengatakan banyak orang menderita dan tewas akibat praktik pidana dan kejahatan ini.

Ia menambahkan, aktivitas malam Hip Hop Mafioso sebenarnya tidak ilegal, tapi jelas meragukan lantaran maksud di baliknya.

Dia kemudian mengutip pengadil anti-Mafia, Giovanni Falcone nan mengatakan "Mafia Italia bukanlah nan paling rawan di dunia, tapi nan pasti adalah mafia nan mempunyai literatur paling luas".

Falcone adalah seorang pengadil Italia nan dedikasinya memerangi pengaruh Mafia di Italia selatan mengakibatkan pembunuhannya oleh mafia pada 1992.

Bikin Acara Tema Mafia, Restoran di Singapura Diprotes Duta Besar ItaliaPihak restoran akhirnya menghapus aktivitas tersebut dan minta maaf. Foto: Mothership SG

Brandi pun mendesak restoran Gotti untuk menghindari adanya literatur tambahan mengenai masalah mafia lewat aktivitas ini.

Mengenai latar belakangnya, dia sudah menjadi duta besar Italia untuk Singapura sejak September 2023. Brandi juga duta besar untuk Brunei, serta Konsull Jenderal Italia di kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Pada 9 Maret 2024, protes Brandi rupanya didengar pihak restoran. Lewat media sosial, mereka mengunggah permintaan maaf atas ketidaknyamanan nan ditimbulkan mengenai aktivitas Hip Hop Mafioso.

Permintaan maaf tersebut sangat menghargai perspektif pandang Brandi. Mereka menyatakan bahwa pihaknya memahami kekhawatiran nan ada mengenai branding dan nama aktivitas Gotti.

Akhirnya pihak restoran telah menghapus semua promosi media sosial nan mempromosikan aktivitas tersebut. Mereka juga berkomitmen untuk memastikan bahwa aktivitas dan aktivitas promosi di masa depan bakal lebih memperhatikan dan menghormati budaya dan sejarah Italia.

(adr/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food