Berbahaya! Pola Diet 'starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hari

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

TikTok penuh dengan video tips diet hingga pola makan baik nan sehat ataupun nan sesat.Seperti tren diet starvemaxxing nan bahayakan kesehatan.

TikTok menjadi salah satu media sosial nan paling banyak diakses orang di beragam negara saat ini. Setiap harinya ada ratusan ribu konten nan datang silih berganti, termasuk tren-tren nan berangkaian dengan diet, pola makan sampai menjaga penampilan.

Dilansir dari DailyMailUK (13/03), baru-baru ini muncul tren di TikTok nan mendorong para laki-laki dan remaja laki-laki untuk makan sedikit mungkin demi mendapatkan garis rahang nan tajam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tren ini disebut juga 'starvemaxxing', jika diartikan 'starve' artinya kelaparan. Tren ini mendorong para laki-laki untuk memangkas porsi makan mereka. Bahkan sampai tidak makan selama berhari-hari demi membakar lemak di tubuh, sehingga lekuk dan garis wajah tampak lebih menawan.

Tidak mengasup makaanan apapun selama berhari-hari jelas sangat rawan untuk tubuh.

Salah satu TikToker nan mempromosikan diet rawan ini ada @xavier1x1, dirinya rutin mengunggah video corak wajahnya, terutama garis rahangnya dengan keterangan bahwa dia sudah tidak makan selama tiga hari.

Berbahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hariBerbahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hari Foto: Site News/TikTok

Begitu juga dengan akun TikTok @guapo._02, dirinya membanggakan corak rahangnya setelah melakukan 'starvemaxxing' selama berhari-hari.

Kebanyakan pengguna TikTok nan melakukan 'starvemaxxing' ini sengaja tidak makan apapun selama tiga hari. Tentunya pola diet ini sangat rawan dan bisa mendorong seseorang untuk mempunyai eating disorder alias gangguan makan.

"Tren menonton 'starvemaxxing' online memang tidak bakal menyebabkan gangguan makanan. Tapi tren nan konsentrasi ke corak tubuh hingga diet ekstrem jelas sangat berbahaya," jelas Tom Quinn selaku mahir gangguan makan di Charity Beat.

"Sebagai contoh, seseorang nan sudah mempunyai gangguan makanan, ketika memandang tren-tren seperti ini mereka bakal terpacu untuk diet dan melakukan perihal nan lebih ekstrem," sambung Tom.

Berbahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hariBerbahaya! Pola Diet 'Starvemaxxing' Tanpa Makan Berhari-hari Foto: Site News/TikTok

Meski sebagian besar orang menganggap bahwa gangguan makan seperti anoreksia hanya berakibat pada gadis remaja dan wanita, rupanya info nan ditunjukkan Young Minds justru sebaliknya.

Sekitar 25% orang nan mengalami gangguan makan seperti anoreksia rupanya pria. Sehingga 'starvemaxxing' ini sangat rawan jika dilakukan secara terus menerus.

Karena ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi nan tepat, bisa menyebabkan masalah pada ginjal, sistem kekebalan tubuh, otot, tulang hingga saluran pencernaan.

Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food