Begini Solusi Kecanduan Kopi Dari Dr. Zaidul Akbar Yang Mudah Dilakukan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kopi jika dikonsumsi berlebihan dapat membikin seseorang kecanduan hingga berakibat negatif. Jika sudah sampai pada tahap ini, begini solusi kecanduan kopi dari dr. Zaidul Akbar.

Segala sesuatu nan dikonsumsi berlebihan tidak bagus untuk kesehatan, termasuk kopi. Minuman berkafein kaya faedah ini tidak bakal terasa akibat positifnya jika seseorang minum terlalu banyak.

Pada tahap kecanduan kopi, biasanya seseorang bakal merasa 'sakau' jika tidak menenggak kopi. Gejala lain nan mungkin timbul adalah mudah marah tanpa alasan, tidak bisa tidur nyenyak, hingga gemetar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Banyak peminum kopi pun merasa sudah dalam tahap kecanduan. Salah satunya jamaah nan menghadiri pidato dr. Zaidul Akbar. Melalui unggahan YouTuber dr. Zaidul Akbar Official (13/7/2023), terlihat dia menanyakan solusi dari kecanduan kopi.

dr Zaidul Akbar nan Mempopulerkan JSRdr. Zaidul Akbar memberikan tips bagi mereka nan kecanduan kopi. Foto: Koleksi Pribadi dr Zaidul Akbar

Penceramah nan terkenal dengan metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu pun memberikan pandangannya. Ia tak menampik jika kopi bakal bikin kecanduan. "Karena kafeinnya bikin kecanduan," ujarnya.

Ia apalagi mengibaratkan kecanduan kafein sama seperti orang nan kecanduan narkoba. Menurutnya, tingkat kecanduan teratas memang ada pada konsumsi narkoba, di bawahnya adalah kafein dan nikotin, lampau di bawahnya lagi nan juga tak kalah dahsyat adiksinya, ialah gula.

Ketika merasa 'sakau' akibat kecanduan makanan sebenarnya ada peran setan, iblis, dan hantu nan ada di dalam diri setiap orang hingga mempengaruhi perihal itu terjadi. "Tergantung kebaikan baik dan kebaikan jelek kita," kata dr. Zaidul Akbar.

Lalu gimana solusi mengatasi kecanduan kopi? Solusi utamanya adalah dilawan. "Nggak ada caranya selain dilawan. Kita kudu zikir, kebaikan soleh, ibadah kita (ditingkatkan)," sambungnya.

Dengan ketaatan nan baik, maka seseorang bakal bisa mengendalikan dirinya dengan baik pula. dr. Zaidul Akbar menuturkan krusial untuk memaksakan diri untuk melawan kemauan alias ngidam nan ada.

Ketika kemauan nan teramat sangat muncul, jangan langsung dituruti. Dokter nan kerap berbagi tips makan sehat ini bilang, "Misalkan lagi pengin banget makan rujak, jangan dituruti. Biarkan sampai kemauan itu lenyap alias memudar, baru makan."

5 Tips Aman Minum Kopi Untuk Penderita Lambung SensitifAdiksi kopi bisa dilawan dengan menguatkan pikiran agar bisa melawan hawa nafsu. Foto: Getty Images/photo_Pawel

Kemudian tanamkan pikiran jika tidak makan alias minum nan diinginkan, maka tidak masalah. "Biasanya minum kopi, jika nggak ada minum teh, jika nggak ada minum air putih, jika nggak ada ya gapapa, kayak puasa aja," tutur dr. Zaidul Akbar mencontohkan.

dr. Zaidul Akbar juga mencontohkan sikap Rasulullah SAW bakal perihal ini. Ketika dia ke rumah istrinya lampau bertanya apakah ada makanan dan jawabannya tidak ada, maka Rasulullah SAW memilih puasa saja. Ia tidak marah-marah perihal tidak adanya makanan.

Intinya ada pada diri kita nan kudu bisa melawan hawa nafsu kita. Jangan sampai hawa nafsu tersebut nan mengendalikan diri kita.

dr. Zaidul Akbar juga mengungkap keistimewaan minum kopi. Baca laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food