Begini Sejarah Takjil Yang Kini Jadi Makanan Pembatal Puasa

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Takjil identik dengan menu buka puasa. Banyak orang mengira takjil merupakan nama makanan. Begini asal muasal takjil.

Umat muslim di seluruh bumi tengah menjalani ibadah puasa. Setiap negara mempunyai tradisi di bulan ramadan. Salah satunya soal menu buka puasa.

Di Indonesia sendiri, buka puasa selalu diawali dengan takjil. Istilah takjil digunakan untuk makanan ringan nan bakal dimakan untuk membatalkan puasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Misalnya gorengan, es krim, es buah, kurma, dan makanan ringan lainnya. Namun sebenarnya, takjil artinya bukan nama makanan.

Takjil ramadanTakjil ramadan Foto: iStock

Rupanya, istilah takjil sudah ada sejak era Nabi. Dalam sebuah hadits menyebutkan, "Manusia tetap terhitung dalam kebaikan selama dia menyegerakan (ajjalu) berbuka," (HR Bukhari dan Muslim)

Dilansir dari Muhammadiyah.ir.id istilah 'menyegerakan' dalam hadits disebut 'ajjalu', dalam bahasa Arab mempunyai medan semantik ialah ajjala-yu'ajjilu-ta'jilan.

Artinya adalah momentum, tergesa-gesa, menyegerakan, alias mempercepat. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengistilahkan takjil sebagai makanan untuk berbuka puasa nan disegerakan.

Namun, makna sesungguhnya dari kata takjil adalah menyegerakan. Di Indonesia, istilah takjil ditemukan dalam laporan De Atjehers nan ditulis oleh Snouck Hurgronje pada akhir abad ke-19.

Takjil ramadanTakjil ramadan Foto: iStock

Dalam tulisan tersebut menceritakan bahwa masyarakat Aceh mengadakan buka puasa. Buka puasa itu dilakukan di masjid dengan menu bubur pedas.

Sementara dalam catatan lain menyebut bahwa takjil sudah menjadi salah satu sarana dakwah Wali Songo nan menyebarkan Islam di Jawa sekitar abad ke-15.

Sejak saat itu, tradisi takjil dilestarikan oleh Muhammadiyah dan menjadi terkenal di kalangan muslim di Indonesia. Muhammadiyah disebut mempunyai peran besar dalam mempopulerkan takjil sebagai tradisi untuk menyegerakan umat Islam Indonesia dalam berbuka puasa di bulan ramadan.

Dalam kitab berjudul Kiai Ahmad Dahlan - Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan (2010), Professor Munir Mulkhan mengatakan bahwa Muhammadiyah selalu menyediakan takjil untuk menyegerakan berbuka puasa.

Dalam ulasan detikFood kali ini, kami bakal membahas seputar ragam takjil. Mulai dari buahpikiran resep, rekomendasi tempat beli takjil, hingga sejarah dari jenis takjil itu sendiri. Simak terus ya!

Simak Video "Masjid Syuhada Yogyakarta Sediakan 30 Menu Buka Puasa Selama Ramadan "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food