Ahli Ungkap 5 Bumbu Makanan Ini Aman Dikonsumsi Dalam Batas Wajar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Makanan semakin nikmat jika didampingi dengan ramuan dan pelengkap (condiments). Sebagai pilihan terbaik, para mahir menyarankan 5 condiments ini nan kondusif dikonsumsi dalam pemisah wajar

Beberapa makanan terasa kurang komplit tanpa kehadiran condiments, seperti saus sambal, tomat, mayones, kecap, hingga mustard. Saus alias ramuan ini disebut-sebut bisa menyempurnakan rasa dari suatu hidangan.

Meskipun makanan semakin lezat, tetapi condiments sering membikin beberapa orang ragu. Mereka berpikir, penambahan rasa ke dalam makanan ini bakal menurunkan nilai gizinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Condiments nan dijual di pasaran memang bisa saja membahayakan. Disarankan untuk memilih condiments nan mengandung sedikit tambahan gula dan banyak serat, protein, sampai lemak sehat.

Jangan pilih condiments nan mengandung tambahan gula dan garam dalam jumlah besar. Sebab, condiments dengan tambahan kandungan itu dapat meningkatkann akibat tekanan darah, stroke, sampai penyakit jantung.

Oleh lantaran itu, krusial memperhatikan label dan kebenaran nutrisi pada beberapa condiments. Pilihan paling sehat umumnya mempunyai daftar bahan paling sederhana.

Namun, para mahir percaya jika lebih baik mencari condiments alias ramuan produksi rumahan. Sebab, condong diproses dengan lebih sedikit kalori dibandingkan produk komersial. Condiments ini bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan sederhana.

Sebagai informasi, berikut 5 condiments pilihan terbaik dari master kesehatan dan nutrisi, seperti nan dirangkum dari nypost.com (18/03):

1. Saus tomat

Kisah memperkuat hidup di tengah laut selama lebih dari 20 hari, hanya dengan saus tomat.Saus tomat lebih kondusif dibuat sendiri. Sebab, saus tomat nan dijual di pasaran terkadang mengandung fruktosa tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Tomat merupakan sumber potassium, biotin, unsur besi dan seng nan baik untuk kesehatan tubuh. Saus masam segar ini juga mengandung likopen, senyawa antioksidan nan membantu mengurangi peradangan.

Dengan membikin saus tomat sendiri, Anda bisa menghindari asupan fruktosa tinggi. Fruktosa merupakan pemanis nan terbukti dapat meningkatkan akibat penyakit glukosuria sampai obesitas.

2. Sambal

Ilustrasi Saus SambalSaus sambal juga sebenarnya tetap kondusif dikonsumsi, tetapi jangan berlebihan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Karina Mako Oktaviani

Sambal umumnya terbuat dari bahan-bahan, seperti paprika, garam, dan cuka. Bahan tersebut disebut-sebut bisa berkontribusi pada kuman usus sehat dan membantu pencernaan.

Saus sambal juga bisa membakar lemak lantaran kandungan capsaicin nan ada pada cabe. Kandungan tersebut merupakan bahan aktif alami nan membikin orang ketika memakannya merasa reaksi panas.

Ketika panas tubuh meningkat, maka tubuh juga bisa membakar lemak dengan lebih mudah, sehingga mempecepat proses penurunan berat badan.

Namun, Anda tetap kudu memperhatikan kandungan lain di dalam saus sambal. Saus sambal pun mengandung natrium tinggi. Oleh lantaran itu, konsumsinya juga tetap perlu dibatasi.

Jenis condiments lain nan dianggap kondusif oleh mahir bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food