Agar Awet, Siapkan Stok Bumbu Giling Dengan 4 Cara Ini!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Masak untuk sahur dan berbuka puasa menjadi lebih praktis dengan punya stok ramuan guling. Perhatikan langkah menyimpannya agar tetap awet.

Bumbu giling adalah racikan rempah-rempah nan sudah dihaluskan. Ketika sudah halus, ramuan siap dipakai untuk meracik beragam menu makanan.

Mempunyai stok ramuan giling di rumah tentu bakal memudahkan proses memasak, terlebih selama bulan ramadan. Dengan begitu, waktu bakal lebih hemat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bumbu giling dapat dibeli di pasar tradisional alias modern. Setelah membelinya, simpanlah dengan betul agar ramuan awet selama dijadikan stok.

Begini tips menyimpan ramuan giling:

1. Simpan dalam wadah tertutup

Simpan ramuan dalam wadahSimpan ramuan dalam wadah Foto: Getty Images/Hispanolistic

Bumbu giling dapat memperkuat lama jika disimpan di dalam wadah rapat dan rapat udara. Kemudian, simpan di dalam freezer.

Dengan begitu, ramuan giling dapat memperkuat paling tidak selama 3 bulan. Bisa juga disimpan di lemari es bagian bawah, tetapi langkah ini hanya bisa memperkuat selama seminggu.

Namun, sebelum disimpan di dalam wadah pastikan ramuan giling tersebut sudah ditumis dengan minyak hingga matang. Tujuannya agar ramuan giling tersebut tidak basi.

2. Beli ramuan sesuai kebutuhan

Meskipun bakal dijadikan stok di rumah, tetapi sebaiknya tetap perhatikan berapa banyak kebutuhan ramuan giling agar tidak terbuang sia-sia.

Artinya, Anda sudah kudu mempunyai perencanaan menu apa nan bakal dibuat dalam beberapa hari ke depan, sehingga Anda dapat memperkirakan berapa banyak ramuan nan diperlukan.

Misalnya, Anda mau membeli ramuan untuk menu opor sebanyak 2 kilogram ayam, alias ramuan rendang untuk 1 kilogram daging sapi. Kamu bisa menyebut saja ke penjual bumbu.

Simak Video "Sajian Praktis Ramadan: Sambal Udang Cabai Rawit"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food