8 Menu Diet Lezat Saat Puasa, Bisa Untuk Berbuka Dan Sahur

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Selama Ramadhan, umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain meraih banyak pahala, puasa juga bisa dijadikan metode untuk diet sehat.

Sayangnya, tak sedikit orang nan justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Padahal, tubuh tidak mengkonsumsi makanan alias minuman selama lebih dari 12 jam.

Biasanya, momen berbuka menjadi 'balas dendam' untuk menyantap makanan alias minuman nan dihidangkan. Alhasil, perut jadi kekenyangan dan membikin berat badan jadi bertambah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bagi nan sedang menjalani diet alias mau menurunkan berat badan selama puasa, sebaiknya mulai menjaga pola makan. Tak hanya mengambil porsi secukupnya saja, tapi pastikan makanan nan disantap mengandung gizi seimbang.

Ingin tahu menu diet saat puasa nan lezat dan bergizi? Simak selengkapnya dalam tulisan ini.

Puasa bukan jadi halangan bagi seseorang untuk diet. Selain tetap berolahraga, jangan lupa agar selalu menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat.

Mengutip dari beragam sumber, berikut pilihan menu diet saat puasa nan lezat, bisa dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

1. Kurma

Menu diet nan pertama adalah kurma. Selain dianjurkan dalam Islam, berbuka puasa dengan kurma berjumlah ganjil juga cocok untuk orang nan tengah diet.

Mengutip Healthline, kurma mengandung fruktosa ialah sejenis gula alami nan terdapat pada buah. Hal ini membikin kurma bisa meningkatkan kadar gula alami dan daya setelah berpuasa.

Selain itu, kurma juga mengandung sejumlah nutrisi, serat, dan antioksidan nan baik untuk tubuh. Tetapi, kalori dalam kurma cukup tinggi sehingga lebih baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

2. Sup Ayam alias Sup Sayur

Sup bisa menjadi pilihan terbaik untuk menu berbuka puasa alias sahur. Dilansir Mediclinic Middle East, sup sayur dapat mengisi kembali cairan tubuh dan membantu menyiapkan perut untuk mengkonsumsi makanan berat.

Pada umumnya, sup sayur berisi beragam jenis sayuran seperti wortel, buncis, kembang kol, daun bawang, seledri, dan karbohidrat seperti kentang. Jika mau lebih nikmat dan bergizi, bisa ditambahkan protein seperti daging ayam.

3. Nasi Merah

Mengkonsumsi nasi merah dinilai lebih baik daripada nasi putih ketika sedang diet. Sebab, nasi merah dapat memberikan pengaruh kenyang lebih lama.

Dilansir Livestrong, nasi merah berasal dari gandum utuh nan kaya bakal serat. Selain itu, nasi merah juga tinggi unsur besi dan bebas lemak, sehingga baik untuk kesehatan.

4. Salad Sayur

Salad sayur bisa menjadi opsi terbaik bagi orang nan sedang diet selama Ramadhan. Soalnya, salad sayur mengandung serat dan vitamin tinggi nan sangat baik untuk tubuh.

Salad sayur umumnya terdiri dari selada, tomat, paprika, timun, wortel, dan irisan bawang bombay. Bisa juga ditambahkan buncis dan brokoli agar lebih bergizi. Jangan lupa pakai saus mayonaise secukupnya agar salad terasa lezat di mulut.

5. Telur Dadar

Menu nan satu ini memang sederhana, lantaran bahan utamanya hanya telur dadar nan dikocok dan dimasak sampai matang. Tapi ternyata, telur dadar menjadi sumber protein nan dapat menjaga tubuh tetap segar selama berpuasa.

Mengutip NDTV, telur mengandung protein dan lemak sehat (HDL) nan tinggi. Hal ini dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama. Lalu, protein dalam telur juga turut membantu membangun dan memelihara massa otot.

Agar lebih bergizi, telur dadar bisa ditambahkan bahan-bahan seperti bawang bombay, bawang merah, alias daun bawang. Karena kurang mengandung vitamin, kombinasikan menu telur dadar dengan sayuran rebus seperti wortel, buncis, alias brokoli.

6. Smoothie

Mengkonsumsi smoothie sangat pas bagi orang nan sedang diet. Soalnya, smoothie terbuat dari campuran bahan-bahan nan bergizi, seperti buah, sayuran, yoghurt, kacang-kacangan, hingga susu.

Namun, smoothie bisa menjadi menu makanan nan tidak sehat andaikan terlalu menambahkan banyak gula di dalamnya. Jadi, sebisa mungkin jangan terlalu banyak menuang gula alias pemanis lainnya ke dalam smoothie.

7. Ayam Rebus

Ayam goreng alias bakar dinilai kurang baik untuk orang nan sedang diet. Maka dari itu, sebaiknya daging ayam diolah dengan langkah direbus.

Selain menyehatkan, protein dari ayam rebus dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama. Padukan dengan nasi merah dan sayur rebus agar lebih bergizi.

8. Tumis Sayuran

Menu diet saat puasa nan terakhir adalah tumis sayuran. Selain rendah kalori dan kaya nutrisi, sayur nan ditumis terasa lebih lezat di mulut daripada hanya direbus.

Agar lebih sehat, sebaiknya gunakan minyak oliva untuk menumis sayuran. Selain menciptakan rasa nan lebih nikmat, minyak oliva diyakini dapat meningkatkan antioksidan.

Itu dia delapan menu diet saat puasa nan lezat dan bergizi. Konsumsi makanan secukupnya saja dan hindari makanan nan digoreng ketika sedang diet.

Simak Video "Lebih Baik Berbuka dengan Minuman Hangat alias Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food