8 Cara Menghilangkan Bau Pete Di Mulut, Langsung Hempas!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Rasa pete alias petai nan unik memungkinkan sayuran suku polong-polongan ini dinikmati masyarakat. Pete biasa menjadi bahan pendukung sambal, pindang, nasi goreng, dan beragam hidangan sayur.

Sayang pete meninggalkan aroma tidak sedap dalam mulut usai dikonsumsi. Bau inilah nan bikin orang tidak percaya diri dan ilfeel saat berkomunikasi.

Dikutip dari tulisan Penyebab Halitosis dan Penangananya Di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Propinsi DIY oleh drg Hardani Wiyatmi dan situs RS Siloam, berikut solusi untuk aroma pete alias petai dalam mulut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Sikat Gigi

Menyikat gigi adalah aktivitas rutin nan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Sikat gigi juga menghilangkan aroma tak sedap usai mengonsumsi hidangan tertentu, misal pete.

Setelah makan pete, pastikan segera menyikat gigi untuk menghilangkan sisa dan aroma pete di mulut. Sebelum sikat gigi, pilih pasta gigi beraroma mint agar mulut lebih segar.

2. Bersihkan Lidah

Selain membersihkan gigi, jangan lupa bersihkan lidah usai makan pete. Detikers bisa menggunakan sikat lidah sehingga bersih dan terhindari dari aroma pete.

3. Minum Air Putih

Kondisi mulut nan kering berpotensi membikin aroma tak sedap dari pete semakin menyengat. Oleh lantaran itu, pastikan konsumsi air putih untuk menjaga mulut tetap terhidrasi dan terhindar dari aroma tidak sedap.

4. Menggunakan Obat Kumur

Cara pengganti lainnya nan efektif untuk mengatasi aroma mulut akibat pete adalah menggunakan obat kumur. Selain untuk menghilangkan sisa-sisa pete, obat kumur dapat menghilangkan kuman penyebab aroma mulut.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur, nan membantu menetralisir sisa-sisa makanan dan aroma tak sedap pete. Utamakan konsumsi permen karet nan bebas gula nan lebih baik untuk kesehatan.

6. Bersihkan Gigi dengan Flossing alias Benang Gigi

Membersihkan gigi dengan dental floss alias benang gigi bisa menjadi pilihan untuk mengatasi aroma mulut sehabis makan pete. Benang gigi nan tipis juga lebih efektif dalam menjangkau sisa-sisa makanan nan menempel di sela gigi.

7. Mengonsumsi Buah dan Sayur nan Berair

Seperti nan disebut sebelumnya, kondisi mulut nan lembab dan terhidrasi berpengaruh dalam meminimalisir aroma mulut. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran nan kaya bakal kandungan air seperti jeruk, apel, wortel, dan mentimun untuk merangsang produksi air liur nan membantu menjaga kelembaban mulut.

8. Konsumsi Makanan Pendukung Lainnya

Jenis makanan nan dapat membantu mengurangi aroma mulut antara lain adalah yoghurt, teh hijau, dan kacang almond. Makanan-makanan tersebut juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi selagi diet.

Berbagai langkah menghilangkan aroma pete alias petai di mulut ini dapat dicoba sesuai kebutuhan. Semoga tips ini membantu dan selamat mencoba di rumah ya, detikers!

Simak Video "Bikin Laper: Mengulik Kuliner Autentik RM Bunut Sari nan Enaknya Nampol"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food