8 Buah Dan Sayur Yang Dapat Mengatasi Hipertensi, Ada Bayam-pisang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, ada sejumlah buah dan sayuran nan disebut bisa mengatasi hipertensi.

Sedikit informasi, hipertensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah terhadap tembok arteri cukup tinggi. Maka dari itu, hipertensi disebut juga dengan tekanan darah tinggi.

Dilansir Mayo Clinic, andaikan tekanan darah tidak terkontrol, perihal ini dapat meningkatkan akibat masalah kesehatan nan lebih serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi jangan khawatir, karena hipertensi dapat diatasi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tertentu. Penasaran? Simak selengkapnya dalam tulisan ini.

Mengutip dari beragam sumber, berikut buah-buahan dan sayuran nan dapat mengatasi hipertensi:

1. Bayam

Sayuran hijau ini diyakini dapat membantu mengatasi hipertensi. Sebab, bayam mengandung nitrat nan berfaedah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, bayam juga mengandung senyawa lainnya seperti kalsium, magnesium, potassium, hingga antioksidan nan membikin tekanan darah tetap normal.

Untuk memperoleh faedah nan lebih banyak, usahakan mengolah bayam dengan langkah direbus. Agar tidak terasa hambar, Anda bisa menambahkan sedikit garam.

2. Seledri

Dalam kitab Healing Foods oleh DK Publishing House, seledri adalah sumber kumarin nan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri turut membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Meski sayuran ini umumnya dipakai sebagai garnish makanan, rupanya seledri mengandung antikoagulan nan berfaedah mengurangi akibat pembekuan darah dan stroke hingga menurunkan kadar hormon stress.

Seledri bisa diolah menjadi saribuah lampau dituang ke dalam campuran salad. Cara lain untuk menikmati seledri adalah dengan dijus dan diminum langsung.

3. Brokoli

Bagi pengidap hipertensi, cobalah rutin mengkonsumsi brokoli secara rutin. Sebab, brokoli mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium.

Nah, ketiga kandungan tersebut dapat mengontrol tekanan darah. Selain itu, mineral pada brokoli dapat mengatasi kerusakan pembuluh darah di arteri.

Umumnya brokoli diolah dengan dua cara, ialah ditumis alias direbus. Namun, langkah nan lebih sehat adalah dengan merebus brokoli selama 2-3 menit agar kandungan gizinya tidak hilang.

4. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, rupanya wortel juga dapat mengatasi hipertensi. Soalnya, wortel mengandung senyawa fenolik, seperti masam klorogenat dan masam kaffeat nan membantu mengurangi inflamasi serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Dilansir Healthline, langkah terbaik untuk mengkonsumsi wortel adalah dengan langkah direbus. Selain itu, Anda bisa membikin saribuah wortel dan diminum selagi segar.

5. Pisang

Buah berwarna kuning ini terbukti mengandung kalium. Fungsi kalium pada pisang dapat mengontrol jumlah garam dalam tubuh agar tetap seimbang, nan mana secara langsung turut mencegah tekanan darah meningkat.

Pisang dapat diolah dengan beragam cara, ialah dijus, dibuat smoothies, alias hidangan pendamping oatmeal. Namun, lebih praktis lagi jika dimakan langsung.

6. Tomat

Mengutip Jurnal Stikes William Booth, tomat diyakini dapat menurunkan hipertensi berkah kandungan kalium nan berfaedah meningkatkan ekskresi natrium dan air. Hal tersebut nan kemudian memicu penurunan volume plasma, curah jantung, tekanan perifer, dan tekanan darah.

Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung. Tapi jika tidak suka, tomat bisa diolah dengan langkah dijus.

7. Alpukat

Mengkonsumsi alpukat secara rutin juga dapat mengatasi hipertensi, lho. Sebab, kandungan mineral pada alpukat bisa mencegah sekaligus mengontrol tekanan darah tinggi. Lalu, kandungan kalium dalam alpukat berfaedah mengatur debar jantung agar tetap normal.

Alpukat bisa diolah dengan beragam macam, misalnya dibuat smoothie alias dijus. Karena rasanya nan agak sedikit pahit, usahakan jangan terlalu banyak menambahkan gula.

8. Buah Beri

Ada beragam macam jenis buah beri nan baik untuk mengatasi hipertensi, mulai dari stroberi, blueberry, hingga raspberry. Sebab, buah-buahan tersebut mengandung senyawa flavonoid nan membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Buah beri biasa diolah dengan langkah dijus. Namun untuk sensasi nan menyegarkan dan lebih sehat, buah beri bisa dimakan langsung.

Demikian delapan buah dan sayuran nan dapat mengatasi hipertensi. Mulai sekarang, yuk jaga pola makan dan rutin olahraga!

Simak Video "Antre Sejam Demi Segarnya Jus Buah Rp 15 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food