7 Tips Bikin Coto Makassar Yang Kuahnya Gurih Dan Dagingnya Empuk

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Coto Makassar bisa jadi menu sahur nan nikmat. Bikin coto Makassar sendiri tidak sulit, coba ikuti tips membuatnya dari Rozma Suhardi. Kuahnya gurih dengan campuran kacang dan dagingnya empuk!

Rozma Suhardi, founder Amy and Cake adalah wanita kelahiran Makassar nan menyukai makanan unik Makassar. Ia pun menyempurnakan kemampuannya memasak jenis hidangan unik Makassar, termasuk coto.

Kepada detikfood, Rozma Suhardi berbagi resep dan tips membikin coto Makassar nan enak. Dijamin kuahnya kental gurih dan potongan dagingnya empuk!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut 7 tips bikin coto Makassar lezat dari Rozma Suhardi:

1. Blansir daging sapi

Rozma suhardi menggunakan daging has dalam sapi sebagai isian coto, tapi bisa juga pakai tambahan jeroan jika suka. Daging has dalam dipilih lantaran teksturnya nan lembek dan minim lemak.

Hanya saja jangan cuci daging sebelum dimasak. Rozma menyarankan untuk merebusnya saja sejenak di air mendidih. Ia mengatakan jika daging dicuci, ada akibat kontaminasi bakteri.

"Daging diblansir di air mendidih sejenak saja, lenyap itu dipindahkan ke air mendidih yg bakal dipakai untuk bumbu," kata Rozma Suhardi.

Jangan sampai daging masuk ke panci nan airnya belum mendidih lantaran cemas alot. "Triknya, api kompor awalnya besar, lampau setelah mendidih, kecilkan apinya," ujar ibu 3 anak itu.

2. Tambahkan daun jeruk ke air rebusan daging

daun jerukDaun jeruk bikin coto Makassar wangi dan anti amis. Foto: iStock

Rozma Suhardi membagikan tips agar daging tidak amis. Saat direbus, tambahkan beberapa lembar daun jeruk sebagai pemberi wangi. Bisa juga dengan paduan daun salam.

Untuk daun jeruk nan dipakai, pastikan buang batang tengahnya lebih dulu agar tidak pahit. "Masukkan ke air rebusan daging. Biar coto segar juga nanti," katanya.

3. Pilih sereh dan lengkuas untuk bumbu

Kunci ramuan coto Makassar ada pada pemakaian sereh dan lengkuas. Namun pastikan pilih nan terbaik. Untuk sereh, Rozma Suhardi menyarankan ambil bagian putihnya saja lantaran jika nan hijau agak keras. Potong kecil-kecil.

Untuk lengkuas, pilih nan lembek alias nan agak muda. Potong juga kecil-kecil seukuran sereh. Selanjutnya, tumis sereh dan lengkuas sampai keluar wanginya. Proses ini juga bermaksud membikin sereh dan lengkuas lebih lembek saat dihaluskan di blender.

4. Pakai kacang tanah

7 Tips Bikin Coto Makassar nan Kuahnya Gurih dan Dagingnya EmpukCampuran kacang tanah bikin coto Makassar terasa gurih nikmat. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Dalam meracik coto Makassar, Rozma mengatakan ada banyak jenis resep. Misalnya pakai kacang tanah, sisa air rebusan beras, alias hanya sereh dan lengkuas.

Untuk versinya, Rozma Suhardi sengaja menambahkan kacang tanah agar gurih. Kacang tanah ini perlu dihaluskan. Sebaiknya pilih nan sudah dikupas agar warna coto nantinya tidak gelap tetapi bersih.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food