7 Makanan Yang Jadi 'obat' Alami Ini Tertulis Dalam Al Quran Dan Hadist

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Al Quran menjadi petunjuk untuk umat muslim. Tak hanya soal keimanan, tapi juga ada banyak info mengenai kesehatan di dalamnya, termasuk makanan nan dapat menjadi obat alami.

Membaca Al Quran bagi muslim tidak hanya membikin muslim diganjar pahala, tapi juga mendapat petunjuk agar hidup lebih baik. Informasi nan tercantum di dalamnya banget luas.

Selain menjadi obat penyembuh bagi hati dan jiwa, Al Quran juga dapat menjadi obat penyembuh penyakit fisik. Sejumlah obat alami nan disebutkan dalam Al Quran disebut dapat dikonsumsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya nan seperti dirangkum CNBC Indonesia dari beragam sumber:

1. Madu

racikan kopi kombinasi madu nan sehat madu nan sehat Foto: Getty Images/iStockphoto


Madu sejak ribuan tahun lampau telah digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Bahkan, keistimewaan madu untuk kesehatan juga dijelaskan dalam Al Quran Surat An Nahl (Lebah) ayat 69.

"Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) nan beragam warnanya, di dalamnya terdapat obat nan menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada nan demikian itu betul-betul terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang nan memikirkan."

Manfaat madu juga telah diteliti oleh sejumlah mahir medis. Mengutip Mayo Clinic, sejumlah studi menunjukkan bahwa madu mempunyai faedah antidepresan, antikonvulsan, dan anti-kecemasan.

Antioksidan dalam madu dapat berfaedah untuk penurunan akibat penyakit jantung. Dalam beberapa penelitian, madu juga terbukti membantu mencegah gangguan ingatan hingga perawatan Luka. Penggunaan topikal madu tingkat medis telah terbukti meningkatkan pengobatan luka, terutama luka bakar.

2. Zaitun


Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan sungguh krusial buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam.

Buah oliva tidak hanya mempunyai nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi kegunaan kepercayaan sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran menunjukkan tentang buah-buahan nan kudu dimakan, dan berbincang tentang pohon oliva nan tumbuh di Gunung Sinai nan menyediakan minyak dan ramuan untuk dimakan.

Banyak orang memilih minyak dari buah oliva sebagai pilihan minyak nan lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit.

Minyak oliva mengandung masam lemak tak jenuh tunggal nan tinggi sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari oliva membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat kesehatan dari minyak oliva dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

3. Kurma

Ilustrasi kurmaIlustrasi kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini


Kurma merupakan tumbuhan nan paling banyak disebutkan di dalam Al Quran. Dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur'an, 'Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam Al Quran kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam 16 surat.

Salah satu ayat dalam kitab suci nan menyebut kurma adalah Surat Maryam ayat 23-25. Dua ayat tersebut bercerita tentang derita dan rasa sakit nan mendera Maryam ketika hendak melahirkan. Ia bersandar ke pangkal pohon kurma.

Kemudian Allah melalui malaikat Jibril memerintahkan Maryam untuk menggoyang pangkal kurma itu ke arahnya, kemudian gugurlah buah kurma nan masak, untuk dimakan dan sebagai obat rasa sakit ketika melahirkan.

Kurma mengandung serat dan antioksidan nan tinggi. Manfaat nutrisinya dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah penyakit.
Salah satu antioksidan nan terdapat dalam kurma adalah phenolic acid. Zat ini dapat membantu menurunkan akibat kanker dan penyakit jantung.

Studi laboratorium menemukan kurma berfaedah untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 nan tinggi dikaitkan dengan akibat penyakit neurodegeneratif nan lebih tinggi seperti Alzheimer.

Simak Video "Cicipi Hidangan Thailand di Pasar Tradisional Bali"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food