5 Tips Puasa Sehat Anti Melar, Ini Pola Makan Yang Tepat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Memasuki ramadan, krusial menyiapkan tubuh agar tidak lemas dan tidak bertambah berat badan usai sebulan berpuasa. Ternyata begini pola makan nan tepat.

Memasuki bulan ramadan, muslim sudah menjalani ibadah puasa. Sejak subuh hingga magrib, mereka kudu menahan hawa nafsu, tidak makan, maupun minum.

Di awal-awal masa ini, tubuh pastinya butuh penyesuaian. Agar tidak lemas dan tidak berujung mengasup terlalu banyak kalori, ada beberapa tips puasa sehat nan bisa dilakukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dokter ahli gizi dari Himpunan Studi Obesitas Indonesia, Gaga Irawan Nugraha mengatakan mempunyai berat badan ideal setelah puasa sebenarnya bukan perihal nan sulit. Asalkan selama puasa bisa menjalani style hidup sehat dan makan makanan bergizi kaya nutrisi.

"Tidak sulit, asalkan niatnya ada. Puasa itu bukan berfaedah saat berbuka bebas makan apa saja, nan krusial kendalikan pola pikir soal makannya ini," kata Gaga dalam aktivitas menyambut Hari Obesitas Sedunia 2024 nan digelar Novo Nordisk di Jakarta, Jumat (1/3).

Gaga membagikan tips puasa tetap sehat sekaligus berat badan bisa turun selama puasa. Berikut beberapa tipsnya:

1. Makan buah berair

Ilustrasi buah semangkaIlustrasi buah semangka Foto: Getty Images/skodonnell

Air adalah kebutuhan paling esensial saat berbuka puasa. Alih-alih minum minuman manis tinggi gula, lebih baik pilih buah-buahan nan mengandung air.

Misalnya, semangka, melon, hingga buah pir. Tentunya sebelum makan buah-buahan ini Anda juga disarankan minum air putih terlebih dahulu.

2. Makan berat nan lengkap

Nasi dan lauk pauk nan komplit sangat diperlukan selama berpuasa. Pilih nasi dengan sayur dan protein komplit setiap makan berbuka dan sahur.

"Dalam piring itu kudu ada nasi, ada protein, ada sayur juga. Protein tidak selalu kudu daging, tempe, tahu, telur juga bisa," katanya.

Simak Video "Pantauan Hilal Awal Ramadan 2024 di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food