5 Tips Menyimpan Kue Kering Agar Awet Hingga Selesai Lebaran

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Kue kering menjadi salah satu suguhan wajib saat lebaran. Biasanya sudah dibeli sejak bulan puasa. Supaya awet sampai selesai lebaran, Anda bisa menyimpan dengan langkah ini.

Selain ketupat, opor, dan rendang, suguhan lebaran juga identik dengan kue-kue kering. Kue kering nan ada saat lebaran, mulai dari nastar, kastengel, kue putri salju, hingga kue coklat.

Kue-kue kering ini biasanya sudah dibeli sebelum lebaran. Bahkan, beberapa mungkin sudah dimakan sebelum lebaran datang. Toples kue itu pun menjadi sering dibuka tutup, membikin banyak angin masuk ke dalamnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat kue terkena udara, kelembapannya mulai menguap. Menghilangnya kelembaban ini menyebabkan kue mengering. Hal terburuknya, menjadi berjamur.

Sebelum perihal seperti itu terjadi, sebaiknya perhatikan kembali langkah menyimpan kue kering. Kamu bisa memilih metode penyimpanan nan paling cocok untuk jenis kue keringmu.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak 5 tips menyimpan kue kering ini, seperti nan dilansir dari mrsfileds.com (05/01).

1. Simpan kue di kulkas

kue lebaranBeberapa kue kering lebaran bisa disimpan di dalam lemari es agar tahan lebih lama. Foto: Getty Images/Anisa Hidayat

Menyimpan kue di dalam lemari es merupakan salah satu teknik terbaik dalam menjaga kesegaran kue. Agar penyimpanannya efektif, gunakan wadah alias stoples rapat udara.

Kalau tidak mau menyantap tempat di lemari es terlalu banyak, Anda bisa memindahkan kue terlebih dulu ke dalam kantong plastik nan bisa ditutup rapat.

Simpan kue di tempat tertentu nan jauh dari makanan dengan aroma menyengat. Atur lemari es ke pengaturan kelembaban nan sedikit lebih tinggi.

Sebelum kue dimasukkan ke lemari es dan wadah, pastikan kue sudah berada pada suhu ruangan.

Kue kering nan disimpan dalam lemari es bisa segar sekitar 1 sampai 2 minggu. Metode ini cocok dipakai untuk menyimpan kue kering tanpa isian alias hiasan tambahan,.

2. Menyimpannya di freezer

kue lebaranBahkan, kue-kue kering ini bisa disimpan di dalam freezer. Foto: Getty Images/Anisa Hidayat

Cara lain ialah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Cara ini paling efektif untuk mengawetkan kue dalam jangka waktu lama.

Sebelum memasukkan kue ke dalam freezer, biarkan kue betul-betul dingin agar tidak terjadi freezer burn.

Kamu bisa membungkus kue satu per satu alias berlapis-lapis dengan kertas minyak dulu. Barulah masukkan kue nan sudah dibungkus itu ke dalam wadah rapat udara alias kantung agar tidak saling menempel.

Di dalam freezer, kue kering ini dapat memperkuat kualitasnya selama 1 hingga 2 bulan. Hampir semua jenis kue dapat disimpan dengan baik di freezer, termasuk kue kering oatmeal sampai kue selai kacang.

Tips menyimpan kue kering lebaran lain bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food