5 Tips Bikin Nastar Yang Tahan Lama Dari Chef Yongki Gunawan

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Menjelang lebaran Idul Fitri, kue lebaran termasuk nastar paling banyak dibuat. Supaya nastar bisa tahan lama, ikuti tips mudah dari chef Yongki Gunawan ini.

Nastar merupakan salah satu kue kering nan selalu tersaji untuk lebaran Idul Fitri. Rasanya nan renyah dengan isian selai nanas nan manis membikin kue ini jadi favorit.

Membuat nastar sendiri di rumah adalah momen nan paling ditunggu. Namun seringkali ada nan mengalami kegagalan saat membikin nastar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulai dari adonannya pecah, selai nanas keras hingga tidak tahan lama dan mudah berjamur. Agar tidak terjadi perihal demikian, ikuti beberapa tips mudah dari chef Yongki Gunawan berikut ini:

1. Penggunaan terigu

https://www.stefstef.nl/banners2/baking.jpgGunakan tepung berprotein rendah untuk membikin adukan nastar Foto: iStock

Bahan-bahan tentu menjadi aspek keberhasilan untuk membikin nastar. Lewat kanal YouTubenya, chef Yongki menyarankan untuk menggunakan tepung berprotein sedang.

Kemudian, sebelum diolah menjadi adukan tepung lebih baik dikukus selama 1 jam. Taruh di kukusan nan dialasi kain halus, lampau balut tutup kukusan dengan serbet.

Setelah itu, saring tepung terigu dan dinginkan, baru kemudian tepung bisa dipakai. Selain langkah ini, Anda juga bisa menyangrai tepungnya.

2. Pembuatan selai nanas

Resep Selai Nanas Untuk NastarJangan pakai jenis nanas Subang dan Cavendish untuk membikin selai nanas isian nastar. Foto: iStock

Membuat selai nanas untuk isian nastar terbilang riskan. Chef Yongki menuturkan bahwa kandas alias tidaknya selai nanas untuk nastar ini tergantung dengan jenis nanas nan digunakan.

"Nanas Subang dan nanas cavendish tidak disarankan untuk dibuat selai isian nastar. Itu gak boleh lantaran banyak airnya," tutur chef Yongki.

Nanas tersebut juga mempunyai tingkat keasaman nan tinggi, sehingga ketika dimasak dan didinginkan bakal berfermentasi mengeluarkan gas.

Gas itulah nan bakal mendorong permukaan kue nastar, sehingga jadi pecah ketika dipanggang. Untuk memasaknya kudu betul-betul matang hingga berwarna kecoklatan bukan kuning.

Simak Video "Akhir Tahun Cooking Class Bersama Chef Yongki"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food