5 Tips Bikin Buras Khas Makassar Yang Lembut Gurih

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Buras alias burasa merupakan makanan unik Makassar serupa lontong, tapi bentuknya pipih. Buras mudah dibuat sendiri. Coba ikuti tips dari Rozma Suhardi ini.

Orang Indonesia paling umum mengenal ketupat alias lontong sebagai olahan beras nan dipadatkan. Namun belum banyak orang tahu mengenai buras alias burasa nan terkenal di kalangan suku Bugis, kota Makassar, dan Sulawesi Selatan secara umum.

Tampilan buras mirip lontong lantaran dibungkus daun pisang, tapi bentuknya lebar dan pipih. Rasa buras juga lebih gurih dibanding lontong lantaran menggunakan santan dalam pembuatannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Buras plural disajikan dalam seremoni hari-hari besar, seperti lebaran lantaran keistimewaannya. Sebab membikin buras butuh waktu lama untuk merebusnya.

Seperti halnya lontong, buras dapat disajikan dengan beragam hidangan. Misalnya coto Makassar, sayur santan, opor ayam, alias menu lain tergantung selera setiap orang.

Membuat buras sendiri sebenarnya cukup mudah. Beberapa tips dapat dilakukan agar menghasilkan buras nan empuk, lembut, dan rasa gurihnya pas.

Rozma Suhardi, founder Amy and Cake nan merupakan kelahiran Makassar membagikan tips bikin buras kepada detikfood (23/2/2024). Tak hanya enak, tampilan buras buatan Rozma juga lezat dipandang mata.

Berikut 5 tips bikin buras unik Makassar agar lembut dan gurih:

1. Pakai santan dari kelapa tua

9 Rekomendasi Santan untuk MPASI Bayi, Aman Dikonsumsi dan LezatPakai santan dari kelapa tua agar rasanya lebih gurih. Foto: Getty Images/iStockphoto/nadisja

Kunci kelezatan buras ada pada penggunaan santan nan tepat. Rozma Suhardi menyarankan pakai santan dari kelapa tua nan diperas sendiri, bukan santan kemasan.

Menurutnya, kelapa tua lebih banyak mengandung air dan rasanya juga lebih gurih. Minyak dari kelapa tua juga bakal lebih banyak nan keluar. Untuk 500 gram beras nan dipakai sebagai bahan buras, Rozma Suhardi menggunakan santan dari 1 buah kelapa tua.

2. Tambahkan daun salam dan daun pandan

5 Tips Bikin Buras Khas Makassar nan Lembut GurihDaun salam dan daun pandan membikin buras lebih wangi. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Adonan buras juga bisa dibuat lebih wangi dengan menambahkan daun salam dan daun pandan. Kamu bisa menggunakan sekitar 2 lembar daun salam dan 1 lembar daun pandan untuk campuran buras.

Kedua daun ini ditambahkan ke dalam santan nan sudah mendidih, baru dimasukkan berasnya. "Kecilkan api setelahnya agar santan tidak pecah. Aduk-aduk sampai santan tiris dan meresap," kata Rozma Suhardi.

3. Siapkan daun pisang

5 Tips Bikin Buras Khas Makassar nan Lembut GurihSiapkan daun pisang nan bagus untuk membungkus buras. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Daun pisang sebagai pembungkus buras perlu disiapkan dengan tepat. Pastikan bersih dengan langkah dilap berkali-kali. Hal ini krusial agar tidak ada kotoran nan masuk ke buras.

Selanjutnya bikin daun pisang itu lemas dan lentur dengan langkah dipanggang sejenak di atas api kompor. Pastikan panas api kompor mengenai sebagian besar permukaan daun pisang agar tidak mudah robek ketika dilipat nantinya.

Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food