5 Tips Berpuasa Yang Benar Untuk Kesehatan Tubuh Sesuai Saran Ahli Gizi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Berpuasa tidak hanya semata-mata menahan lapar dan dahaga, ada tujuan sehat di kembali praktiknya. Ternyata begini tips berpuasa nan betul menurut mahir gizi.

Berpuasa selama bulan ramadan tidak hanya semata-mata menahan lapar dan dahaga. Selain termasuk bagian dari rukun Islam, berpuasa juga dianjurkan lantaran banyak manfaatnya.

Berbagai pengaruh kesehatan dan faedah bagi tubuh bisa didapatkan dengan langkah berpuasa. Membiarkan tubuh kelaparan seharian rupanya bisa mendatangkan kebaikan asal dilakukan dengan langkah nan benar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menanggapi praktik berpuasa selama bulan ramadan, para mahir gizi merekomendasikan beberapa tips berpuasa agar tubuh tetap sehat. Ada beberapa perihal nan rupanya tak boleh dilewatkan jika mau menjalankan puasa nan berkualitas.

Baca juga: Manis Legit Kolak, Kudapan Asli Indonesia Kini Jadi Takjil Populer

Berikut ini 5 tips berpuasa dengan sehat mengutip EatingWell:

5 Tips Berpuasa nan Benar Untuk Kesehatan Tubuh Sesuai Saran Ahli GiziKunci utama untuk asupan tubuh saat berpuasa adalah mencukupi kebutuhan hidrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Fevziie Ryman

1. Sahur penuh hidrasi

Ayat Sleymann selaku mahir gizi mengatakan bahwa memilih asupan penuh hidrasi saat sahur adalah perihal nan paling penting. Ia menyarankan untuk selalu menyusun menu sahur dengan menu nan mempunyai kadar air nan tinggi.

"Saat berpuasa Anda bakal konsentrasi pada asupan hidrasi, protein, dan serat nan nantinya bakal memberikan daya berkepanjangan selama menjalani puasa seharian," ujarnya dalam unggahan IG pribadinya.

Sleymann menyebut dirinya sendiri lebih suka mengonsumsi protein shake saat melaksanakan sahur. Kandungan protein dan air di dalam racikan minumannya diharapkan membantu menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa.

2. Berbuka puasa dengan nan ringan

Apakah Anda terbiasa langsung makan berat setelah buka puasa? Samar Kullab, seorang mahir gizi, menyebut bahwa sebaiknya berbuka puasa kudu mendahulukan makanan nan ringan.

Membatalkan puasa cukup dengan air minum, 1-3 buah kurma, dan semangkuk sup nan hangat. Perut nan berpuasa selama seharian penuh disebutkan belum siap jika langsung menerima asupan makanan berat seperti nasi dengan lauk pauk nan komplet.

"Mulai buka puasa dengan 1 alias 3 buah kurma dan sup hangat untuk membikin perut nyaman setelah puasa. Cara ini bakal membantu mengganti cairan tubuh dan menyiapkan pencernaan untuk kembali makan," ujar Kullab.

Tips berpuasa lainnya ada di laman berikutnya.

Simak Video "Lebih Baik Berbuka dengan Minuman Hangat alias Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food