5 Tips Aman Minum Kopi Untuk Penderita Lambung Sensitif

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kandungan masam pada kopi seringkali dikeluhkan menyebabkan gangguan pada lambung. Ternyata begini tipsnya agar minum kopi tetap nyaman bagi lambung.

Selain kandungan kafein, secara alami kopi mempunyai kadar masam nan terbentuk ketika menjadi buah. Bagi sebagian orang dengan perut nan sensitif biasanya bakal mengalami beberapa indikasi nan tak nyaman setelah minum kopi.

Keluhan seperti mulas hingga masam lambung nan dirasa naik menimbulkan pengaruh nan mengganggu. Ternyata pengaruh ini tidak ditimbulkan oleh kadar asamnya, melainkan disebabkan oleh kafein di dalam kopi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kandungan kafein tersebut nan kemudian bakal memicu produksi masam lambung di dalam perut dan menimbulkan beragam keluhan seperti nan disebutkan. Tetapi para mahir mempunyai tips untuk meracik kopi agar lebih kondusif untuk lambung.

Baca juga: 5 Makanan Olahan nan Direkomendasikan Ahli Gizi untuk Dikonsumsi

Berikut ini 5 tips kondusif minum kopi untuk lambung menurut Full Coffee Roast:

5 Tips Aman Minum Kopi Untuk Penderita Lambung SensitifMemilih kopi decaf dapat menjadi soslusi untuk mendapat kopi nan lembut untuk lambung. Foto: Getty Images/photo_Pawel

1. Ganti ke kopi decaf

Bagi penderita perut nan sensitif, konsumsi kopi dengan kadar kafein nan tinggi dapat berisiko. Kini ada pilihan kopi decaf nan kadar kafeinnya jauh lebih rendah dibandingkan kopi pada umumnya.

Minumnya kadar kafein di dalam kopi dapat meminimalisir pengaruh dada panas seperti terbakar akibat peningkatan masam lambung. Kopi decaf mempunyai rasa nan tidak berbeda dengan kopi pada umumnya, hanya saja kadar kafeinnya nan lebih rendah.

Kadar kafein nan rendah juga bukan berfaedah decaf boleh dikonsumsi lebih banyak, alasannya lantaran decaf tetap mempunyai kandungan masam di dalamnya. Konsumsi kopi tetap dalam pemisah kondusif dan tidak berlebihan menjadi langkah terbaik.

2. Tambahkan susu

Selain menurunkan kadar kafeinnya, menurunkan tingkat masam pada secangkir kopi juga dapat menjadi solusi untuk menghindari gangguan pada perut. Caranya cukup dengan menambahkan susu sapi ke dalam segelas kopi nan sudah diseduh.

Susu memang mengandung kadar masam juga di dalamnya, tetapi ada pengaruh spesial nan diberikan. Menambahkan susu ke dalam segelas kopi dapat meredakan pengaruh nan ditimbulkan dari masam kopi di dalam tubuh.

Untuk sementara para mahir tetap menyetujui bahwa pengaruh ini tetap hanya bisa didapatkan oleh susu sapi saja. Mengganti susu pada kopi dengan susu nabati belum terbukti memberikan hasil nan serupa.

Tips kondusif minum kopi lainnya ada di laman berikutnya.

Simak Video "KPK Tahan 15 Tersangka Kasus Pungli Rutan, Salah Satunya Karutan"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food