5 Minuman Herbal Ini Ampuh Cegah Kembung Usai Buka Puasa

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Buka puasa dengan minum es dan nan manis memang menyegarkan, tetapi bisa bikin kembung. Sebagai pilihan lebih sehat, Anda bisa mengonsumsi 5 minuman herbal ini.

Buka puasa adalah waktu nan dinanti-nantikan umat Muslim. Mereka bisa menghilangkan rasa haus dan lapar dengan menikmati beragam macam hidangan nan diinginkan.

Saat berbuka, biasanya banyak nan langsung menikmati minuman es alias minuman nan manis-manis. Jenis minuman seperti ini memang menyegarkan dan menghilangkan rasa haus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Anda perlu mempertimbangkannya lagi. Konsumsi makanan dan minuman nan tidak tepat saat puasa bisa menyebabkan kembung. Sebab, saat puasa tubuh mengalami perubahan kondisi lantaran pola makan dan tidur nan berbeda.

Oleh lantaran itu, krusial memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Terutama saat berbuka, ketika Anda mempunyai hawa nafsu lebih tinggi dalam menikmati makanan.

Untuk menghindari perut kembung saat berbuka, coba konsumsi ke 5 minuman herbal ini. Melansir Times of India, berikut daftarnya!

1. Teh peppermint

anti pikun dengan teh peppermintKandungan mentolnya bisa merelaksasi sistem pencernaan. Foto: GettyImages/Telegrah

Minum teh peppermint bisa membantu menenangkan perut. Dengan begitu masalah perut kembung dapat teratasi.

Di dalam teh ini terdapat mentol nan bisa merelaksasikan otot dalam sistem pencernaan. Hal tersebut nan akhirnya mengurangi gas dan rasa perut tidak nyaman.

Kandungan mentol ini juga mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri nan dapat menyeimbangi tubuh dengan langkah nan diperlukan.

Minum teh peppermint juga baik dalam melawan penyakit hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Teh peppermint bisa dibuat dengan menggunakan daun teh peppermint segar nan direbus selama 5 sampai 7 menit. Nikmati dalam keadaan hangat.

2. Minuman jahe lemon

lemon tea on wooden tableJahe lemon sangat pas dinikmati lantaran bisa meperkuat sistem pencernaan dan meredakan refluks asam. Foto: iStock

Jahe dan lemon merupakan dua bahan nan terkenal bakal khasiatnya.

Jahe merupakan jenis herbal nan bisa mengatasi masalah pencernaan. Sedangkan, lemon dapat memperkuat sistem pencernaan. Bahkan, kandungan limonenenya dapat meredakan mulas dan refluks asam.

Oleh lantaran itu, menggabungkan jahe dan lemon merupakan perihal nan tepat. Minuman ini tidak hanya baik untuk jadi obat pencernaan, tetapi juga membantu alkali tubuh mengurangi keasamannya, sekaligus mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

Minuman ini bisa dibuat dengan mengkombinasikan perasan jeruk lemon, irisan jahe, madu, dan air.

Rekomendasi minuman herbal untuk buka puasa lain bisa dilihat pada laman selanjutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food