5 Menu Lebaran Yang Praktis, Istimewa, Dan Nggak Repot Bikinnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Menyiapkan beragam makanan unik Lebaran bisa jadi sebuah tugas nan menantang untuk mereka nan belum terbiasa. Harapannya tentu bisa menyajikan nan terbaik, tapi tentu kita juga perlu menjaga kondisi badan agar tetap bisa prima dalam menjalankan hari-hari terakhir berpuasa hingga Idul Fitri. Maka solusinya adalah menyiapkan beberapa menu Lebaran nan praktis tapi tetap spesial rasanya.

Apa saja buahpikiran dari Masak Apa Hari Ini? Langsung simak saja resep-resep di bawah ini!

1. Resep Sambal Goreng Kentang

Menu pelengkap nan satu ini mudah banget untuk dibuat sehingga jangan sampai ketinggalan mencobanya! Karena praktis, Anda jadi punya banyak waktu untuk menyiapkan masakan lain nan lebih rumit. Cek video di atas untuk langkah membuatnya, ya!

2. Resep Semur Daging Khas Pontianak

Meskipun biasa dihidangkan sebagai makanan sehari-hari, tetap saja nan namanya semur daging unik Ponti ini terasa lebih spesial dan pas untuk Lebaran. Bahan-bahannya seperti banyak, tapi sebetulnya mudah banget! Cek videonya di atas untuk langkah membuatnya, yuk!

3. Resep Sate Maranggi 

Resep Sate Maranggi disajikan di atas piring kayu.Resep Sate Maranggi dengan sambal tomat pedas. (Foto: Shutterstock)

Nggak perlu jauh-jauh ke Purwakarta, Anda juga bisa menyajikan sate dengan sambal tomat pedas ini di rumah. Selain di atas grill pan, Anda juga bisa memanggang sate ini di dalam oven agar bisa dipanggang sekaligus banyak.

4. Resep Coto Makassar 

Coto Makassar tengah dinikmati.Rindu kota Makassar dengan segala sajian kulinernya? Yuk, mulai saja memasak nan satu ini! (Foto: MAHI)

Kuah daging medok disajikan dengan buras alias lontong bakal bikin meja Lebaran lebih seru. Pilihan daging sapi bisa Anda sesuaikan menurut selera keluarga.

Pilih bagian sandung lamur alias brisket jika mau daging nan lebih banyak lemak sekaligus lebih gurih. Bagian daging sengkel cocok buat Anda nan lebih menyukai tekstur daging daripada lemak.

5. Resep Sop Buntut

Hasil masak resep sop buntut Surabaya tersaji di mangkuk.Ingin nan hangat, berkuah, dan mewah? Sop buntut gurih lembek dan gurih adalah jawabannya. (Foto: MAHI)

Saatnya mengolah sup buntut untuk memamerkan keahlian memasak kamu. Rebus terlebih dulu potongan buntut untuk mengurangi aroma khasnya beserta kotoran lemak berlebih.

Proses merebus di awal juga berfaedah untuk menghasilkan kuah sup nan cerah dan gurih. Jangan lupa sajikan berbareng sambal, emping, jeruk limau, dan Bango Kecap Manis agar makin mantap.

6. Resep Ayam Goreng Bacem 

resep ayam bacemResep Ayam Bacem untuk memeriahkan meja saji Lebaran. (Foto: Shutterstock)

Hidangan ayam goreng unik Jawa ini bisa jadi pengganti buat family nan menghindari daging merah alias hidangan bersantan. Proses membuatnya mudah dan dapat dimasak oleh pemula di dapur.

Lauk ini juga cocok untuk jadi pilihan untuk si kecil. Supaya makin lengkap, jangan lupa sajikan dengan sambal dan lalapan sayuran.

7. Resep Malbi Khas Palembang 

Resep Malbi Palembang siap dinikmati.Satu hidangan unik Palembang nan serupa namun tak sama dengan semur daging. (Foto: MAHI)

Masakan ini merupakan hidangan semur unik Palembang nan cocok jadi kawan nasi alias ketupat. Pilih bahan utama dari bagian daging sapi nan cocok untuk dimasak lama. Misalnya bagian daging sapi topside alias sengkel.

8. Resep Sate Sapi Bumbu Ketumbar

Resep sate sapi ramuan ketumbar tersaji untuk makan malam.Pastikan untuk mencoba resep sate sapi ramuan ketumbar nan satu ini! (Foto: MAHI)

Pilihan berbeda buat nan jenuh konsumsi sate dengan ramuan kacang di bulan puasa. Sate sapi ramuan ketumbar ini punya cita rasa sate nan lebih medok ramuan dan juga pas untuk disajikan dengan nasi alias lontong.

Kebanyakan resep di atas juga dilengkapi dengan video langkah membuatnya agar semakin mempermudah Anda dalam menyiapkan menu Lebaran.

Jangan lupa juga untuk mampir akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan temukan ide-ide seru lainnya. Terakhir, share juga resep kreasimu lewat Resep Berkah Rasa sekaligus untuk berbagi dengan sesama lewat donasi. Selamat memasak!

Selengkapnya
Sumber Masak Apa Hari Ini
Masak Apa Hari Ini