5 Manfaat Spiritual Dan Kesehatan Buka Puasa Pakai Kurma

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kurma identik dengan bulan ramadan. Bahkan ada rekomendasi untuk berbuka puasa dengan makan kurma, sehingga menjadi tradisi. Ini alasannya!

Bulan suci ramadan diperingati oleh umat Islam di seluruh bumi sebagai corak ibadah dan refleksi diri. Puasa dilakukan dengan menahan makan dan minum dari fajar hingga mentari tenggelam.

Setiap negara mungkin punya tradisi berbuka puasa sendiri. Namun, ada satu tradisi nan dilakukan oleh seluruh umat di seluruh dunia, ialah berbuka puasa dengan kurma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tradisi tersebut berasal dari rekomendasi Nabi Muhammad SAW. Selain ada makna spiritualnya, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa juga memberikan faedah kesehatan.

Dikutip dari The Times of India (14/03/24) berikut faktanya!

1. Sunnah Nabi Muhammad SAW

Kopi kurmaDalam kitab suci Al-Quran, buah kurma disebutkan sebanyak 22 kali. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Dalam kitab suci Al-Quran, buah kurma disebutkan sebanyak 22 kali, nan menggambarkan maknanya. Dipercaya juga bahwa Rasulullah SAW suka makan kurma saat berbuka puasa.

Karenanya umat Islam di seluruh bumi mengikuti tradisi ini. Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, umat muslim berbuka puasa dengan kurma dan air.

Beliau bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, lantaran dia (kurma) adalah berkah, andaikan tidak mendapatkan kurma, maka berbukalah dengan air lantaran dia (air) adalah bersih," (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

2. Dianjurkan makan kurma dalam jumlah ganjil

Ilustrasi kurmaNabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk makan kurma dalam jumlah ganjil Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk makan kurma dalam jumlah ganjil, bisa 1, 3, 5, dan sebagainya. Nabi Muhammad SAW sendiri biasanya makan hanya 3 buah kurma.

Anjuran tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah. Banyak penelitian nan menemukan bahwa makan kurma dalam jumlah genap bakal menghasilkan gula dalam darah dan potasium tanpa memberi banyak energi.

Jika dimakan dalam jumlah ganjil, tubuh bisa mengubah gula menjadi karbohidrat. Dengan begitu dapat meningkatkan daya setelah seharian berpuasa.

Manfaat Spiritual dan Kesehatan Buka Puasa pakai Kurma ada di laman selanjutnya.

Simak Video "KuTips: Bikin Infused Water Kurma untuk Jaga Stamina saat Puasa!"
[Gambas:Video 20detik]

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food