5 Makanan Olahan Yang Direkomendasikan Ahli Gizi Untuk Dikonsumsi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Makanan olahan sering disebut makanan tak sehat. Tetapi ada mahir gizi nan menyebut 5 makanan olahan ini baik untuk dikonsumsi lantaran khasiatnya.

Jika mendengar makanan olahan, perihal nan langsung terbesit dalam pikiran adalah makanan nan tak sehat. Alasannya makanan olahan hanya mengutamakan ketahanan tetapi jarang nan memerhatikan kandungan nutrisinya.

Penambahan seperti bahan pengawet, gula, perisa, dan pewarna buatan juga dianggap sebagai ancaman kesehatan nan datang dari konsumsi makanan olahan. Tetapi sebuah jurnal nan dipublikasi oleh The BMJ pada Februari 2024 menyebut ada sisi terang dari makanan olahan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah melibatkan 45 jenis penelitian dengan 10 juta partisipan di dalamnya, para peneliti meyakini ada pandangan lain terhadap beberapa makanan olahan tertentu. Sebagian mahir gizi menyebut beberapa golongan makanan olahan dapat dikonsumsi sebagai asupan nan baik untuk tubuh.

Baca juga: Nekat Bawa Minuman ke Restoran Bintang 5, Tamu Ini Kaget dengan Pelayanannya

Berikut ini 5 makanan olahan nan baik untuk tubuh menurut Eat This, Not That:

5 Makanan Olahan nan Direkomendasikan Ahli Gizi untuk DikonsumsiPilih roti gandum nan lebih sehat dibandingkan roti lain di supermarket. Foto: Getty Images/iStockphoto/agrobacter

1. Roti

Walaupun terlihat sehat, faktanya roti tergolong dalam makanan olahan. Ada banyak jenis roti nan dijual secara bebas di supermarket maupun toko roti langgananmu.

Sulit rasanya untuk membikin roti sendiri secara alami dan tanpa bahan tambahan di rumah tanpa ditunjang peralatan nan mumpuni. Ahli gizi menyebut ada langkah untuk tetap mengonsumsi roti dengan trik nan lebih sehat.

Fokuskan pemilihannya pada roti dengan jenis bahan utama gandum utuh alias biji-bijian. Menurut penelitian para ahli, konsumsi gandum utuh dapat membantu mencegah glukosuria jenis 2 hingga penyakit berat seperti stroke.

2. Sup Kalengan

Stigma nan beredar tentang makanan kaleng tak pernah lepas dari nutrisinya nan tidak sehat. Hal ini lantaran makanan kalengan identik dengan pengawet dan larutan tinggi garam untuk membikin makanan di dalamnya memperkuat lama.

Ternyata perihal ini tidak bertindak pada sup nan dijual dalam bungkusan kaleng. Sup justru menjadi makanan kalengan nan dinilai lebih kondusif dibandingkan makanan kaleng lainnya.

Trik untuk mendapatkan sup nan nutrisinya baik adalah dengan memeriksa kadar garam pada label bahan nan dicetak di kemasan. Pastikan juga untuk tidak terlalu sering mengonsumsi sup kalengan nan didapatkan dari supermarket.

Makanan olahan nan direkomendasikan mahir gizi lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food