5 Jajanan Tradisional Khas Daerah Yang Hanya Ada Saat Ramadan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Bukan perihal asing di Indonesia ketika praktik kepercayaan berpadu dengan budaya. Buktinya ada makanan tradisional nan hanya disajikan saat bulan ramadan secara khusus.

Kaya bakal nilai budaya dan historis, masyarakat Indonesia juga memegang teguh aliran kepercayaan nan dianut masyarakatnya. Perpaduan antara upacara keagamaan dengan budaya lokal bukan lagi perihal nan asing untuk ditemukan di Indonesia.

Bahkan menurut sejarahnya, Wali Songo melakukan penyebaran kepercayaan Islam dengan langkah memasukkannya dalam budaya dan kehidupan masyarakat di wilayah nan disambanginya. Salah satu bukti adanya peleburan kepercayaan dan budaya apalagi dapat dilihat dari sebuah hidangan makanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Wonderful Indonesia, di beberapa wilayah di Indonesia ada kudapan unik nan hanya disajikan secara unik pada bulan ramadan saja. Mulai dari bermaksud untuk memeriahkan buka puasa hingga beberapa nan mengandung filosofisnya sendiri.

Baca juga: 5 Rumah Makan Padang Buka 24 Jam, Cocok Untuk Makan Sahur Nikmat!

Berikut ini 5 makanan nan hanya ada di bulan ramadan menurut Wonderful Indonesia:

5 Jajanan Tradisional Khas Daerah nan Hanya Ada Saat RamadanBubur unik Aceh ini hanya disajikan di masjid saat bulan ramadan untuk jamaah nan berbuka puasa bersama. Foto: Wonderful Indonesia

1. Bubur Kanji Rumbi

Di Aceh ada tradisi di mana setiap masjid bakal menggelar buka puasa berbareng satu bulan penuh selama ramadan. Dalam aktivitas berbuka puasa berbareng ini ada satu hidangan unik nan bakal ditemui para jamaahnya di sana.

Sajian berjulukan bubur kanji rumbi hanya ada saat bulan ramadan dan lebih umum ditemukan di masjid-masjid besar saja. Bubur kanji rumbi bakal menjadi menu takjil alias berbuka puasa nan dibagikan secara cuma-cuma untuk jamaah nan datang.

Bubur ini tidak putih bersih seperti bubur ayam, mendapat pengaruh dari kuliner India warna bubur nan kecokelatan menggunakan campuran ramuan dan rempah nan melimpah. Menu ini biasa disajikan panitia masjid untuk mengenyangkan perut dan menghangatkan tubuh orang-orang nan berpuasa.

2. Ketan Bintul

Menjadi salah satu menu berbuka puasa nan tertua, di Banten ada kudapan berjulukan ketan bintul. Kentan bintul dipercaya oleh masyarakat Banten sudah disajikan sejak abad ke-16 unik sebagai takjil nan dikonsumsi oleh masyarakat.

Kudapan ini terbuat dari beras ketan nan dilengkapi dengan taburan serundeng kemudian dilapisi dengan bungkusan plastik. Ada langkah unik nan dilakukan untuk menyantap ketan ini, ialah dengan mencocolnya pada kuah semur alias menyantap berbarengan dengan empal daging.

Masyarakat Banten percaya bahwa ketan bintul menjadi kudapan takjil favorit Sultan Banten pada masanya. Ketan ini memang hanya dijual saat bulan ramadan saja, di luar ramadan Anda bakal susah mencari penganan tersebut.

Makanan nan hanya ada di bulan ramadan lainnya ada di laman berikutnya.

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food