5 Ciri Kurma Medjool Yang Populer Dari Israel Dan Cara Membedakannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Kurma Israel sepatutnya diboikot muslim lantaran serangan kemanusiannya terhadap Palestina nan keji. Agar tidak salah pilih, kenali karakter kurma medjool nan banyak diproduksi di Israel.

Seruan boikot produk Israel, termasuk kurma, sudah digaungkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka apalagi sudah menegaskan jika kurma Israel berkarakter haram.

Israel sendiri dikenal sebagai salah satu produsen kurma Medjool terbesar di dunia, salah satu jenis kurma nan terkenal lantaran mempunyai rasa manis alami.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun perlu dicatat, Israel tak jadi satu-satunya produsen kurma Medjool. Ada juga negara-negara lain nan juga memproduksi kurma Medjool seperti Maroko dan Palestina.

Kurma medjool punya kebenaran menarik dan beberapa keistimewaan seperti berikut:

Raw Organic Medjool Dates Ready to EatRaw Organic Medjool Dates Ready to Eat Foto: iStock

1. Jenis kurma lunak
Mengutip Medical News Today, kurma medjool adalah jenis kurma lunak. Pasalnya, kurma jenis ini dilakukan pada awal musim buah kurma matang.

Meski demikian, kurma ini juga dijual dalam corak kering. Namun, hasilnya pasti tidak bakal terlalu kering. Kurma ini mempunyai tekstur lembut dan agak lengket.

2. Rasa manis alami
Rasa manis alami dari kurma Medjool sebenarnya berasal dari tingkat konsentrasi gula nan meningkat saat kurma mengering dalam keadaan lunak. Makanya, kurma ini mempunyai rasa manis alami mirip karamel nan tidak terlalu legit.

3. Bentuk panjang dan besar
Secara fisik, kurma ini mempunyai ukuran nan cukup besar dan panjang. Mengutip beragam sumber, kurma ini juga dikenal dengan julukan 'King of Dates'. Julukan ini bisa jadi muncul lantaran ukuran dan bentuknya nan besar.

4. Bisa dimakan mentah
Selain dimakan ketika sudah matang dan kering, kurma jenis ini juga bisa dimakan dalam keadaan segar. Walau demikian, orang lebih senang mengonsumsinya dalam keadaan kering.

5. Tahan lama
Kurma Medjool mempunyai umur simpan nan cukup lama. Selama Anda menyimpannya di tempat sejuk dan kering, kurma ini bisa memperkuat cukup lama.

Dari segi nutrisi, kurma jenis ini hanya mempunyai sedikit protein. Namun, kurma ini bisa jadi sumber daya nan cukup besar, nan berasal dari gula alami di dalamnya.

Selain itu, kurma Medjool juga mengandung potasium dalam jumlah tinggi. Kadar potasium per gram kurma Medjool apalagi dua kali lebih banyak dibandingkan satu buah pisang.

Kurma Medjool diproduksi di negara berikut:

Raw Organic Medjool Dates Ready to EatKurma Medjool. Foto: iStock

1. Maroko
Medjool sebenarnya memang berasal dari Maroko. Negara ini juga memproduksi Medjool dan memasarkannya ke sejumlah negara. Merek jual beli kurma Medjool asal Maroko ini salah satunya Moroccan Medjool Dates.

2. Palestina
Kurma Medjool juga diproduksi di Palestina, tepatnya di West Bank alias Tepi Barat. Nama jual beli untuk kurma Medjool asal Palestina di antaranya Palestine Dates & Sultan Brand nan dikeluarkan oleh Ziyad Brothers.

Selain itu, Palestina juga memproduksi kurma Medjool dengan merek jual beli Medjool Palestine King Dates.

Palestina juga memproduksi kurma Medjool lain, ialah Medjool Al Quds Classic.

Cara mengenali kurma Israel

Menjelang Ramadan, penjualan kurma di Pasar Tanah Abang meningkat, Rabu (6/3/2024) Peningkatan penjualan itu terjadi di tengah rayuan boikot kurma Israel.Ajakan boikot kurma Israel. Foto: Pradita Utama

Untuk memastikan, Anda perlu mengenali langkah mengenali kurma Israel berikut ini.

1. Periksa barcode nan ada dalam kemasan. Hindari produk kurma dengan barcode nan dimulai dengan nomor 729. Nomor tersebut adalah nomor seri untuk Israel.
2. Perhatikan juga kurma tanpa info produsen dan asal negara produksi nan jelas. Hindari kurma nan dikemas seperti ini agar terhindar dari trik produsen Israel untuk mengelabui pembeli.
3. Biasanya, nilai kurma Israel dijual lebih mudah lantaran disubsidi oleh pemerintahnya.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan titel 5 Ciri Kurma Medjool nan Banyak Diproduksi di Israel

Simak Video "Lebih Baik Berbuka dengan Minuman Hangat alias Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food