4 Tips Makan Sahur Untuk Penderita Gerd Agar Puasa Lancar

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Penderita GERD perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari, termasuk saat sahur dan buka puasa. Coba tiru 4 tips makan sahur dari master ini agar puasa lancar dan penyakit tidak kambuh.

Asupan sahur krusial diperhatikan oleh penderita gastroesophageal reflux disease (GERD). Jika salah mengonsumsi makanan, bukan tidak mungkin indikasi GERD muncul hingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Dokter ahli penyakit dalam konsultan gastroenterologi dan hepatologi Ari Fachrial Syam menyebut, santap sahur fungsinya mirip dengan sarapan. Oleh lantaran itu, Anda dilarang melewatkan santap sahur selama berpuasa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sahur itu sangat penting. Jangan lantaran malas bangun, terus Anda sengaja melewatkan sahur. Jangan sampai begitu," kata Ari dalam webinar nan digelar FK UI mengenai GERD saat puasa Ramadhan, Jumat (31/3).

Orang dengan GERD juga tak boleh sembarangan memilih menu sahur. Jika salah langkah, penyakitnya bisa kambuh.

"Jadi tidak boleh asal sahur saja, misal makanan sahurnya tidak dijaga, jadi sama saja. Sahur alias tidak sahur jika salah langkah, ya, GERD kambuh juga," kata dia.

Lantas, gimana tips menjalani sahur bagi penderita GERD agar tidak kambuh?

1. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan alias sesuatu berkuah santan memang enak. Tapi, jenis makanan ini kudu dihindari saat sahur karena bisa meningkatkan masam lambung beberapa jam setelah dikonsumsi.

2. Jangan makan makanan asam

kombinasi yogurt nan pas di lidah.Makanan masam seperti yogurt sebaiknya dihindari penderita GERD. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Makanan nan mengandung masam juga tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur. Misalnya, perasan jeruk lemon untuk diminum hingga yogurt.

3. Minum air putih hangat dulu

Sebelum makan sahur, sebaiknya minum air putih hangat satu gelas terlebih dahulu. Hal ini untuk menetralisir organ tubuh di bagian perut setelah bangun tidur sebelum makan sahur.

4. Pilih makanan nan direbus

David Beckham Ungkap Victoria Beckham Hanya Makan Ikan Panggang dan Sayur Rebus Selama 25 Tahun.Konsumsi makanan nan direbus dan dibakar lebih dianjurkan. Foto: iStock

Alih-alih mengonsumsi makanan berlemak, Ari menyarankan agar Anda memilih makanan nan lebih sehat saat sahur.

Makanan-makanan tersebut misalnya, sayuran rebus, protein rendah lemak nan dikukus alias dibakar, kemudian makanan nan tidak pedas dan asam.

"Tidak disarankan juga makanan nan digoreng. Tapi tetap makannya kudu seimbang, antara nutrisi dan gizi semua kudu terpenuhi," kata dia menambahkan.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul "4 Hal nan Harus Diperhatikan 'Sobat GERD' saat Sahur"

(adr/adr)

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food