4 Makanan Untuk Menyehatkan Usus Yang Perlu Dikonsumsi Rutin

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Sama seperti organ lain, kesehatan usus juga perlu dijaga. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat nan dapat mendukung kesehatan usus. Seperti 5 makanan ini!

Kesehatan usus perlu dijaga lantaran berfaedah untuk menjaga keseimbangan mikrobioma nan dapat mendukung kesehatan tubuh optimal.

Kesehatan usus nan jelek bisa menyebabkan penumpukan racun di tubuh. Akibatnya banyak gejala-gejala buruk, mulai dari membikin aroma keringat kurang enak, tidur tidak nyenyak, tidak fokus, dan mudah lelah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oleh lantaran itu, kesehatannya sangat perlu dijaga. Salah satu langkah paling efektif tentu dengan mengonsumsi makanan-makanan nan dapat mendukung kesehatan usus.

Dalam aktivitas podcast The Diary of a CEO, mahir gastroenterologi, Will Bullsiewicz, MD membagikan wawasannya tentang buang air besar dan kesehatan pencernaan.

Setelah podcast tersebut, mahir gastroenterologi itu membagikan sejumlah klipnya ke akun IG pribadi. Ia pun mencatat makanan nan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari kesehatan jantung sampai usus.

Menurut penjelasannya, berikut 5 makanan nan perlu lebih konsentrasi dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus!

1. Buah

5 Buah Rendah Indeks Glikemik Untuk Penderita Diabetes Selama PuasaMakan buah baik untuk kesehatan usus. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Terdapat rumor asing nan menyebut buah sebenarnya jelek bagi kesehatan. Namun, menurut Dr. Wll, buah-buahan justru sangat baik untuk kesehatan.

Orang nan mengonsumsi lebih banyak buah-buahan kemungkinan lebih mini terkena diabetes. Will juga mengungkap, buah-buahan bisa membantu menurunkan berat badan.

Klaim mengenai glukosuria dari mahir gastroenterologi ini juga didukung oleh penelitian tahun 2022, nan diterbitkan dalam Journal Clinical Endocrinology & Metabolism.

Jurnal tersebut menunjukkan, perseorangan nan makan buah utuh secara teratur, mempunyai akibat lebih rendah terkena glukosuria tipe-2.

2. Makanan fermentasi

Ilustrasi KimchiMakanan fermentasi seperti kicmhi juga perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan usus. Foto: iStockphoto/Getty Images/Zania Studio

Makanan fermentasi juga direkomendasikan oleh mahir gastroenterologi ini. Menurut Will, perlu untuk memasukkan makanan fermentasi ke dalam pola makan sehari-hari.

Sebab, makanan ini dapat membantu keanekaragaman mikroba usus. Makanan fermentasi juga dapat melancarkan pencernaan, serta bisa mengembalikan keseimbangan mikrba dalam usus.

Contoh makanan fermentasi nan bisa dikonsumsi, seperti kimchi, sup miso, kefir, dan yogurt.

Rekomendasi makanan lain nan sehat untuk usus bisa dilihat pada laman selajutnya!

Selengkapnya
Sumber Detik Food
Detik Food