Resep dan Cara Memasak Usus Bumbu Kuning

Artikel Terkait Resep Sayuran
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Masih yang kuning-kuning, kemaren masak acar timun bumbu kuning sekarang usus bumbu kuning, sebenarnya masak usus ini udah dari lama, cuma baru di posting sekarang.. Hehe

Judul sebenarnya edisi dibuang sayang, biar fotonya gak mubazir (lho?😄), secara bikin fotonya lebih penuh perjuangan biar dapet hasil yang instagrmable*, daripada masaknya itu sendiri.. Hihi

Sama kaya nasibnya usus ini, untuk beberapa Negara barat, usus dan segala jeroan tidak pernah diolah jadi hidangan alias di buang, malah ada yang pikir kalau itu sesuatu yang menjijikan, tapi kalau di Indonesia apa pun bisa jadi enak di makan..mungkin demi kata "dibuang sayang"..😉

Tapi serius usus bumbu kuning ini emang enak dan gurih, apa lagi aroma kemangi yang aku pakai di dalamnya bikin sama sekali gak "bau" usus. Hmm.. Kalau usus emang harus bersih ya bu ibu cucinya, karena kalau ngga bisa bau.

Ya sudah, daripada di buang sayang, ini nih resepnya, selamat mencoba!

RESEP USUS BUMBU KUNING
ala Dapur Mama Badar

(Usus Bumbu Kuning) 

Waktu memasak: 45 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
🐔 500 gr usus ayam
🐔 150 ml air
🐔 5 sdm minyak

Bumbu:
🐔 25 gr cabe keriting hijau (sekitar sepuluh buah), potong-potong
🐔 1 Batang bawang daun ukuran besar, iris
🐔 10 gr daun kemangi (sekitar satu genggam)
🐔 5 buah cabe rawit merah, iris
🐔 2 lembar daun salam
🐔 1 Batang serai, geprek
🐔 3 cm jahe, geprek
🐔 garam secukupnya

Bumbu halus:
🐔 5 siung bawang merah
🐔 2 siung bawang putih
🐔 4 butir kemiri
🐔 5 cm kunyit

Cara membuat:
🐔 Pertama rebus usus yang telah dicuci bersih sekitar 5-10 menit dengan air di dalam panci, hingga air keruh. Lalu buang air dan tiriskan usus.
🐔 Potong-potong usus kecil-kecil sesuai selera.
🐔 Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
🐔 Masukan usus, aduk sebentar, lalu tambahkan air.
🐔 Masukan daun salam, jahe, dan serai, masak usus hingga air sedikit menyusut.
🐔 Terakhir masukan daun kemangi, bawang daun, cabe keriting, dan cabe rawit. Tambahkan garam, koreksi rasa.
🐔 Masak hingga bumbu meresap, dan tersisa sedikit air. Resep Usus bumbu kuning siap dihidangkan.

*) Instagramable : foto layak untuk di posting di instagram (kurang lebih gitu artinya 😝)


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :