Resep dan Cara Memasak Teri Kacang (Super Gampang)

Artikel Terkait Resep Ikan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Ikan teri, ikan asin yang lumayan populer dan banyak di olah ke dalam aneka makanan, ikan yang aslinya adalah ikan bilis ini pernah aku coba buat dengan campuran jengkol, jadinya measakan teri jengkol balado, yang ternyata sangat enak...(entah karena terinya atau jengkolnya ya...😁)

Jenis teri juga beraneka ragam, ada teri jengki pasangangannya jengkol, ada juga teri medan yang kecil-kecil, teri medan ada juga yang bilang dengan istilah teri nasi, tapi kata tukang sayur sih beda, lebih mahal teri medan (mungkin dari sini karena jauh tempat asalnya kali ya ).

Teri nasi lebih kecil lagi dari teri medan, dan warnanya lebih transparan, teri nasi juga cukup enak apa lagi di campur dengan sejenis sayuran pare atau paria, aku juga pernah coba kombinasikan teri nasi dengan keluarga terung-terungan, jadinga masakan terong cabai hijau.

Nah menu-menu yang pernah aku buat emang sedikit melelahkan, karena memang harus menyiapkan dulu bumbunya, untuk yang gak banyak waktu a.k.a males, resep teri kacang yang satu ini super simpel dan gak perlu lama-lama juga masakan, sangat gampang. Rasa udah pasti dijamin, apa lagi pakai nasi panas-panasπŸ˜‹

Kalau gitu, siapa yang mau coba? ini dia....

RESEP TERI KACANG
ala Dapur Mama Badar



Waktu memasak: 20 menit

Bahan:
🐟 100 gr kacang tanah
🐟 100 gr teri jengki
🐟 1 sdm gula pasir
🐟 200 ml minyak (untuk menggoreng)

Bumbu iris:
🐟 2 siung bawang merah
🐟 1 siung bawang putih
🐟 3 butir cabe rawit

Cara:
🐟 Panaskan minyak di atas wajan, setelah panas pertama goreng kacang hingga sedikit kecoklatan, angkat dan tiriskan, lalu goreng teri hingga berubah warna, angkat dan tiriskan.
🐟 Pindahkan minyak sisa menggoreng ke tempat lain, gunakan lagi wajan bekas menggoreng (biasanya meskipun minyak sudah dituangkan seluruhnya ketempat lain, masih ada sisa-sisa minyak di wajan, ini dapat digunakan untuk menumis bumbu)
🐟 Panaskan kembali wajan yang tadi tanpa perlu menambah minyak, lalu masukan semua bumbu iris ke dalamnya, tumis hingga harum dan cukup kering/ layu, setelah itu masukan teri dan kacang ke dalamnya, sambil terus di aduk hingga rata. Terakhir masukan gula pasir dan aduk sebentar.
🐟 Kecilkan api, dan resep teri kacang pun siap disantap dengan nasi hangat.

Selamat menikmati, jangan lupa subscribe ya untuk update resep-resep lainnya yang lebih cetarrrr...makasih 😊


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :