Resep dan Cara Memasak Nasi Goreng Ayam Spesial

Artikel Terkait Resep Masakan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Nasi goreng adalah makanan Indonesia, yang sudah mendunia, bahkan saya pernah lihat menu "Nasi Goreng" di Jerman dengan kata bahasa Indonesia (tidak diterjemahkan). Berarti sudah sangat khas ya...

Namun asal muasal nasi goreng adalah dari china, berawal dari mensiasati nasi dingin agar kembali lezat disantap.

Gampang sekali menemukan pedagang nasi goreng, karena hampir setiap tikungan ada. Sedangkan kalau sedang malas, dan tengah malam lapar, banyak juga pedagang nasi goreng keliling.

Menu nasi goreng juga menjadi favorit makanan untuk sarapan, karena mudah dan bisa memanfaatkan sisa nasi yang tidak habis termakan.

Seiring berjalannya waktu dan kreativitas, nasi goreng banyak modifikasinya. Ada nasi goreng seafood, nasi goreng ayam, hingga nasi goreng kambing yang paling terkenal.

Walaupun masakan nasi goreng tak lepas dari kecap, bawang merah,  dan telur. Namun beda orang yang membuat beda pula rasanya.

Kalau aku suka banget nasi goreng abang-abang, entah pakai bumbu apa tapi kok rasanya khas banget ya.. Hehe eh ternyata usut punya usut, semua terletak dari api yang digunakan saat memasak.  Hmm.. Ternyata menggoreng nasi tak hanya soal mengolah nasi saja, melainkan ada jurus-jurusnya.. 😄

Kali ini aku akan mencoba (tepatnya suamiku... Kalau soal masak nasi goreng udah juara banget rasanya.. 😜) resep nasi goreng ayam, mengingat masih ada ayam goreng sisa ayam kremes yang aku buat kemaren dan tentunya nasi yang kemaren juga 😀

Ini dia..

RESEP NASI GORENG AYAM SPESIAL
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 25 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
🍛 2 piring nasi
🍛 1 potong ayam goreng ukuran sedang
🍛 3 helai sosin
🍛 2 butir telur
🍛 2 sdm kecap manis
🍛 3 sdm minyak goreng

Bumbu:
🍛 2 butir bawang merah, geprek dan iris
🍛 1 butir bawang putih, geprek dan iris
🍛 1 1/2 sdt garam
🍛 1/2 sdt gula

Cara:
🍛 Siapkan bumbu, bawang sebelum diiris,  digeprek dulu tujuannya agar aromanya lebih keluar, lalu baru iris tipis. Suir-suir ayam goreng.
🍛 Panaskan 1 sdm minyak goreng di atas wajan, setelah panas masukan 1 butir telur, orak arik dalam api besar,  harus cepet hati-hati gosong.
🍛 Setelah telor kering sisihkan,  masukan dan panaskan 2 sdm minyak, masukan bumbu bawang merah dan barang putih,  lalu tumis dalam api sedang,  setelah harum,  masukan telur orek dan ayam, tumis sebentar, lalu nasi. Besarkan api, aduk semua bahan menjadi satu.
🍛 Setelah itu tuangkan kecap,  garam,  dan gula,  koreksi rasa.  Masak lagi sebentar dengan api besar.
🍛 Setelah hampir matang, kecilkan api masukan sayuran sosin aduk sebentar hingga sayuran layu.
🍛 Di wajan lainnya dapat menggoreng telor mata sapi sebagai pelengkap.
🍛 Tata nasi goreng di atas piring,  dan resep nasi goreng ayam spesial siap disajikan.

💌 Tips: Besar api saat memasak nasi goreng sangat menentukan aroma yang keluar dari nasi goreng tersebut,  dan membuat nasi tidak lengket di wajan.


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :