Resep dan Cara Memasak Ayam Suir Teriyaki

Artikel Terkait Resep Ayam
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah -
Ayam suir sering menjadi menu andalan di acara hajatan karena relatif cepat memasaknya, gak perlu acara mengungkep berjam-jam seperti pada pepes maupun ayam goreng. Dan juga kuantitasnya "tampak" jadi lebih banyak. 

Ayam suir resep nusantara yang paling terkenal adalah, Ayam Suir Bumbu Bali, rasa pedas yang menonjol dan aroma daun jeruk membuat rasanya sangat khas, belum lagi rempah-rempahnya. Dan bikinya juga sepertinya agak ribet ( belum pernah juga sih, ngira-ngira doang..hehe)

Di warung ada dada ayam 1/2 Kg, udah niat bikin ayam suir yang agak pedas, karena di rumah juga stok cabe lumayan banyak sisa Lebaran. Tapi tiba-tiba sang Anak keluarin kecap Teriyaki dari lumbung bumbu di dapur " Aku mau masak ini aja"...hadehh...ya sudah putar haluan, masukin lagi cabe-cabean dan berganti menjadi kecap dan bawang bombai.

Kalau sekarang sudah ada kecap Teriyaki ya bu ibu..tapi kalau kebetulan di dapur gak ada stok, kecap teriyaki bisa dibikin sendiri dari campuran kecap, bawang putih, dan jahe. Takaran bisa atur-atur sendiri.. hehe yang pasti bumbu inti dari Teriyaki yang paling menonjol ya 3 bahan tadi.

Gak usah panjang lebar, ini dia...

RESEP AYAM SUIR TERIYAKI
ala Dapur Mama Badar



Waktu memasak: 45 Menit
Porsi: 2-3 Orang

Bahan:
🍗 500 gr dada ayam
🍗 1/2 buah jeruk limau
🍗 1 buah bawang bombai ukuran sedang
🍗 2 sdm saus teriyaki
🍗 2 sdm kecap manis
🍗 garam secukupnya
🍗 2 sdm minyak untuk menumis
🍗 100 ml air

Bumbu halus:
🍗 2 siung bawang putih
🍗 3 butir kemiri

Cara:
🍗 Cuci bersih ayam lalu rebus dengan 1000 - 1500 ml air, hingga empuk. Angkat dan suir-suir.
🍗 Haluskan bumbu, iris bawang bombai, dan panaskan minyak di wajan.
🍗 Setelah minyak panas, tumis bumbu halus dan bawang bombai hingga harum, lalu masukan ayam suir, aduk sebentar.
🍗 Tambahkan 100 ml air, kecap manis, dan saus teriyaki, aduk rata, diamkan sebentar hingga bumbu menyerap, jangan lupa tambahkan garam.
🍗 Setelah dirasa bumbu pas, kecilkan api, lalu kucuri air jeruk limau di atasnya, aduk sebentar, dan tata di piring saji. Resep Ayam Suir Teriyaki siap di hidangkan.

Selamat mencoba, jangan lupa subscribe dan share ya, kalau menurut kamu blog ini bermanfaat, makasih! :D


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :