Resep dan Cara Memasak Ayam Keremes

Artikel Terkait Resep Ayam
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Ayam kremes.. Pertama-pertama gak paham juga jenis menu ayam kaya gimana, dan ternyata setelah coba beli di salah satu warung makan deket kampus jama kuliah dulu, baru paham deh bahwa "keremes" yang dimaksud ya semacam gorengan yang diancurin,  mungkin maksudnya diremes-remes gitu kali ya. Lumayan lah varian lain dari ayam serundeng.

Tidak ada Sumber yang pasti,  yang menyatakan berasal dan kapan mulai tercipta menu jenis ini, tahu-tahu sudah tenar saja di kaki lima maupun resto.

Pada dasarnya menu ayam keremes ini terdiri dari ayam dan keremesan, dan bubuk gorengan yang dinyatakan dengan keremasan ini memiliki rasa yang gurih, kalau ayamnya sendiri sih gak terlalu gimana, sama aja kaya rasa ayam goreng pada umumnya.

Kali ini aku akan membuat resep ayam keremes ala-ala yang super simpel.. Tapi rasanya enakkkk.. πŸ˜†

Kalau gitu, bu ibu.... Ini dia...

RESEP AYAM KEREMES
ala Dapur Mama Badar


Waktu :  45 menit
Porsi: 4 orang

Bahan:
πŸ— 500 gr ayam (aku pakai sayap ayam)
πŸ— 2000 ml air untuk merebus (atau hingga ayam terendam sempurna)
πŸ— 3 lembar daus salam
πŸ— 1 lembar serai
πŸ— 10 sendok tepung beras
πŸ— 500 ml minyak untuk menggoreng

Bumbu tumbuk kasar:
πŸ— 5 ruas jahe
πŸ— 5 ruas laja
πŸ— 5 ruas kunyit
πŸ— 2 siung bawang putih
πŸ— 1 sdt ketumbar
πŸ— 2 sdm garam

Cara:
πŸ— Bersihkan ayam, kemudian masukan ke dalan panci untuk di ungkep, tambahkan air dan bumbu, masak kurang lebh 30 menit dengan api sedang.
πŸ— Jika ayam belum empuk bisa tambahkan air dan diungkep lagi sesuai dengan tingkat keempukan yang diharapkan, namun air bumbu jangan dibiarkan kering, sisakan sekitar 250 ml.
πŸ— Tiriskan ayam, kemudian panaskan minyak di wajan. Setelah panas masukan ayam satu per satu, goreng seperti biasanya, hingga coklat kekuningan.
πŸ— Sementara itu siapkan bumbu keremesan: sisa air bumbu ungkep ayam di tuang ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan tepung beras.  Aduk rata.
πŸ— Setelah selesai menggoreng ayam, lanjutkan dengan menggoreng keremesan.  Tuangkan dengan sendok secara acak adonan keremesan, biarkan hingga menguning. Ulangi hingga adonan habis.
πŸ—Tata ayam di atas piring saji, lalu bubuhkan keremesan di atasnya, resep ayam keremes siap disajikan.

πŸ’Œ Tips: pada saat menggoreng keremesan, akan sangat bagus jika hasil adonan berpencar sendiri saat di goreng di atas wajan, tapi jika seperti aku, adonan berkumpul di tengah, jadi mirip rempeyek, bisa dihancurkan secara manual, baik dengan tangan atau mutu ulekan.

Selamat memcoba jangan lupa subscribe ya, untuk up date resep tetbaru lainnya. Makasih!😊


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :