Nasi Liwet Rice Cooker

Artikel Terkait Resep Nasi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Minggu siang enaknya ngeliwet di saung tengah sawah, sambil menikmati semilir angin berhembus, dan capung-capung yang berterbangan #harapan

Kenyataannya mau beli panci kastrol belum kesampaian aja, dan walaupun sawah lumayan deket dari rumah, repot juga angkut-angkut makanannya, dan belum tentu ada saung yang kosong juga 😜

Jadi kalau di luar sana lagi heboh-heboh bom panci,  disini mah heboh nasi liwet rice cooker.. Tentunya tanpa paku-paku dan kawat berduri.

Nasi liwet rice cooker ini memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan nasi liwet konvensional (dengan panci kastrol). Adapun nasi liwet sebetulnya adalah makanan khas kota Solo, dengan dimasak mirip-mirip nasi uduk, dengan santan. Dan disajikan dengan aneka lauk pauk.

Sedangkan nasi liwet yang beredar di Jawa Barat, hampir sama, yakni nasi yang berasa gurih,  karena dimasak dengan bumbu, namun biasanya tidak menggunakan santan.

Nasi liwet versi Jawa Barat juga tidak mengenal pakem-pakem tertentu, jadi apa yang di bubuhkan di dalam nasinya sebetulnya bersifat suka-suka. Ada yang menambahkan bawang daun, ada yang menambahkan teri, ada yang menambahkan cabe rawit, dan sebagainya. Namun yang wajib ada adalah salam dan sereh tentu saja.

Kali ini aku akan menampilkan versi lainnya dari nasi liwet, dijamin enak dan simpel buatnya, buat yang gak ada kastrol, rice cooker tak jadi masalah.  Well, this is it....

NASI LIWET RICE COOKER
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 30 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
🍚 750 gr beras
🍚 air 1 buku di atas permukaan beras (sekitar 800 ml)

Bumbu:
🍚 3 siung bawang merah, iris
🍚 2 lembar daun salam
🍚 1 Batang sereh
🍚 2 sdt garam
🍚 2 sdm minyak goreng

Cara:
🍚 Cuci beras hingga bersih, lalu simpan di dalam panci rice cooker.
🍚 Masukan bumbu seperti bawang merah, salam,  sereh, minyak dan garam. Aduk merata.
🍚 Masak beras dengan rice cooker,  sekitar 30 menit (tergantung rice cooker yang di gunakan) hingga indikator matang menyala.
🍚 resep nasi liwet rice cooker pun siap disajikan.

Pelengkap: goreng ikan asin peda banjar, sambal terasi, pete, goreng jengkol, ayam goreng, tempe goreng,  tumis kangkung, lalaban, dan sebagainya.

Update:
Ini penampakan rice cooker setelah 1 jam kemudian... 😂😂😂

Nasi Liwet dan teman-temannya tak bersisa





Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :