Resep Terbaru Salad Sayuran Sehat Saus Mayonaise Sederhana Ala Cafe & Resto

Artikel Terkait Resep Sayuran
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Salad Sayur Sehat Saus Mayonaise Sederhana
Resep Salad Sayuran Sederhana
Salad merupakan salah satu jenis makanan yang terdiri dari campuran sayuran hijau atau buah-buahan segar yang dipotong-potong memanjang, karena salad ini mengutamakan bahan dari sayuran segar sebagai bahan utamanya, serta tambahan saus sebagai pelengkapnya. Salad ini cocock bagi anda mereka yang sedang menjalankan program diet. Sebenarnya di Indonesia ada beberapa macam salad diantarnya pecel, rujak buah, gado-gado, lotek dan karedok dan masih banyak  nama-nama disetiap daerah masing-masing.

Salad biasa dikategorikan dalam beberap bagian yaitu salad mentah dan salad matang. Salad mentah adalah salad Indonesia yang berisi potongan sayuran mentah dan disajikan bersama sambal. Sedangkan salad matang merupakan salad Indonesia yang berisi sayuran yang direbus terlebih dahulu lalu disajikan bersama sambal dan saus. Nah sekarang kita akan mencoba membuat salad sayur yang direbus setengah matang yaitu salad sayur matang, dengan siraman saus mayonaise dan perasan jeruk lemon yang memiliki cita rasa segar. 

Tips dan cara memilih salad sayur yang sehat dan segar :
  1. Pilih sayuran yang masih segar dan berwarna cerah. 
  2. Pilih  tulang batang yang mudah dipotong-potong. 
  3. Pilih juga bentuknya yang masih bagus.
Setelah memilih sayuran yang diinginkan pastikan sayuran dicuci hingga benar-benar bersih. Berikut adalah resep salad sayur atau buah-buahan bisa dengan mayonaise atau tanpa mayonaise.
  

Bahan-bahan :
  • Wortel - 150 gram dipotong seukuran korek api
  • Baby buncis - 150 gram dipotong seukuran korek api
  • Jamur kuping - 100 gram diiris tipis
  • Salada hijau - secukupnya disobek-sobek atau sesuai selera
Bahan untuk sausnya :
  • Mayonaise - 200 gram
  • Susu kental manis - 75 gram
  • Perasan jeruk lemon - 20 ml atau secukupnya
  • Merica bubuk - 1/4 sendok teh
  • Minyak sayur - 1 sendok makan
  • Saus tomat - 75 ml
  • Air - 250 untuk merebus
Cara Membuat Salad Sayur Sederhana :
  1. Semua bahan dipotong-potong lalu cuci bersih dan sisihkan. 
  2. Setelah itu siapkan panci untuk mendidihkan air, sudah mendidih masukkan minyak sayur sambil diaduk masukkan sayuran, terkecuali seladah hijau yang tidak direbus, aduk kembali kira-kira 5 menit lalu angkat dan sisihkan. 
  3. Kemudian tata diatas piring saji lalu taburkan salad hijau yang sudah disobek tadi diatasnya. 
Cara Membuat Sausnya :
  1. Semua bahan saus di masukkan keblender, blender sampai halus sesudah halus matikan blender (saus disaring dulu). 
  2. Kemudian sudah disaring taburkan diatas sayuran salad tadi, setelah ditabur siap untuk disajikan.


Jangan lupa baca lagi konten resep masakan lainnya, semoga artikel resep masakan cafe dan restoran di blog ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang mau belajar memasak. Anda juga bisa memanfaatkan resep-resep masakan dari kami untuk membuat menu tambahan di cafe anda, atau buat anda yang ingin membuka cafe, anda bisa gunakan resep makanan dan minuman dari kami :)
Selain masakan yang umum, kami juga membagikan resep masakan kekinian 2020 ala cafe dan resto, masakan kekinian pastinya adalah masakan populer di cafe-cafe ataupun resto, anda bisa belajar dan membaca bahan-bahan membuatnya pada kategori resep makanan dan minuman di bagian samping blog ini. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :