Resep Rumahan & Cara Membuat Cakwe Goreng Bumbu Sederhana Bandung

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Cakwe selain enak dijadikan cemilan juga sering dijadikan pelengkap hidangan Bubur Ayam. Rasanya yang minimalis paling enak dicocol dengan saus tomat atau saus sambal, namun di Bandung paling enak disajikan dengan sambal kacang yang pedas.
Resep Cakwe Goreng Bumbu Sederhana Bandung
RESEP CAKWE GORENG BUMBU SEDERHANA
Bahan Biang (Campur semua bahan biang menjadi satu, aduk rata, diamkan +10 menit hingga berbuih):
  • Ragi instan > 1 sendok teh
  • Tepung terigu > 1 sendok makan
  • Gula pasir > 1 sendok teh
  • Air putih hangat > 3 sendok makan

Bahan Adonan Cakwe:
  • Tepung terigu protein tinggi > 250 gram
  • Garam > ½ sendok eh
  • Soda kue > ½ sendok teh
  • Baking powder > ¼ sendok teh
  • Air putih > 100 ml
  • Minyak goreng > 1 sendok makan
Cara Membuat Cakwe Goreng Bumbu Sederhana Bandung:
  1. Masukkan tepung terigu, garam, soda kue dan baking powder ke dalam wadah. Tuangkan bahan biang yang sudah berbuih dan minyak goreng, aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
  2. Tuangkan air putih sedikit demi sedikit hingga habis sambil adonan diuleni dengan tangan, uleni adonan cakwe sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
  3. Bulatkan adonan cakwe, simpan dalam wadah, tutup dengan plastik hingga wadah tertutup rapat. Istirahatkan minimal selama 2 jam.
  4. Setelah selesai masa fermentasi, kempiskan adonan dengan menekannya. Kemudian tipiskan dan lebarkan adonan cakwe  menggunakan rolling pin dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Potong adonan cakwe dengan lebar 3 cm dan panjang 15 cm.
  5. Tumpuk dua potongan adonan tadi, oleskan air putih pada salah satu sisi potongan adonan yang akan ditempelkan agar cakwe tidak lepas saat digoreng. Setelah potongan adonan cakwe di tumpuk, tekan bagian atas permukaan cakwe dengan sumpit sehingga kedua potongan cakwe tersebut saling menempel dan membuat alur.
  6. Tarik perlahan kedua ujung cakwe agar memanjang, lalu goreng cakwe dengan api sedang, sambil dibolak balik dan siram-siram dengan minyak agar matang merata.
  7. Tiriskan dan Cakwe siap dihidangkan bersama cocolan saus sambal.


Selain berbagi kumpulan resep sederhana masakan nusantara dan bahan-bahan menu masakan sehari hari, kami juga berbagi bahan bumbu aneka resep masakan indonesia yang praktis dan mudah dibuat, cara pembuatan nya bisa anda baca di menu kategori resep makanan dan minuman di bagian samping blog ini. Salam..


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :