Resep dan Cara Memasak Thai Banana Roti (Street Food Thailand)

Artikel Terkait Resep Cemilan
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Bosen dengan cilok,  baso tahu,  batagor, sempol,  gorengan? Ngga! Jajanan kaya gini gak pernah bosen ya.. Jenis jajanan jalanan (baca: jenis kuliner ringan yang dijajakan di pinggir jalan) gak mengenyangkan tapi cukup ampuh buat ganjel perut.

Aku baca sebuah komik asal thailand di webtoon, dan dalam komik itu menampilkan makanan yang kayanya cukup enak, lebih ke penasaran aja sih. Pernah ke Thailand? Sama,  aku juga belom 😁.. Ada jajanan rakyat namanya "Thai Banana Roti" ini aku bukan alai,  tapi nama makannya emang begitu,  campur-campur antara bahasa inggris dan bahasa Thailand. Sudah terbayang bukan makanan ini berbahan apa?  Ya,  roti 🍞 , pisang 🍌, dan telur 🐣. Kalau di samakan dengan jajanan Indonesia, ini populernya kaya martabak, gerobaknya juga mirip-mirip.

(Penjual Thai Banana Roti. Sumber: google.com)
Harganya lumayan sekitar 3 jutaan 😎 (itu kalo langsung beli di sana, karena di hitung ongkos PP pake pesawat komersil dan penginapan semalam.. πŸ˜‚). Nah,  ngga usah buang uang dan waktu, mari bikin sendiri saja (selagi belum sempet ke sana..xixi)

RESEP THAI BANANA ROTI
Ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 15 menit
Porsi: 2 buah

Bahan:
🍞 2 lembar roti gandum
🍞 1 butir telur
🍞 1 1/2 pisang ambon (atau pisang apa pun,  yang penting pisang yang biasa dimakan langsung)
🍞 2 sdm mentega (kalo gak ada bisa pake margarin yang khusus buat bikin kue, biar ada aroma-aroma menteganya)

Cara:
🍞 roti tawar di pipihkan (aku digilas pake gelas: rotinya di simpan di dalam plastik, terus gilas, karena gak punya alat buat gilasanπŸ˜…).
🍞 kocok telur, sisihkan.
🍞 potong-potong pisang sesuai selera, kemudian ditata di atas roti tawar, lipat di bagian tengah, pada sisinya di rapatkan, hingga isi roti tidak keluar-keluar saat digoreng. Bisa ditekan-tekan, atau dirapatkan dengan telur sedikit di sisi-sisinya.
🍞 balur roti dengan telur hingga semua bagian merata. Sementara, lelehkan mentega di atas wajan. Ulangi hingga bahan habis.
🍞 panggang roti yang sudah dibalur telur tadi di atas wajan, masak hingga kecoklatan (jangan lupa di balik)
🍞 jika semua sisi sudah kecoklatan, angkat. Siap disajikan dengan toping madu, susu kental manis, coklat butiran, selai, dan sebagainya. Add Friend

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :