Resep dan Cara Memasak Sangu Tutug Oncom (Khas Sunda)

Artikel Terkait Resep Nasi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - Sangu tutug oncom atau nasi dengan campuran oncom tumbuk ini memang khas sekali di daerah Jawa barat.  Rasanya gurih pedas menjadi cara lain menikmati nasi putih.

Menurut literatur,  sangu tutug oncom sudah ada sejak jaman penjajahan, di mana hidangan ini hadir sebagai salah satu menu sarapan sebagian orang sunda pribumi kala itu,  di mana tidak banyak pilihan teman nasi yang mumpuni,  maka sajian oncom yang di masak seperti ini menjadi pilihan yang cukup populer.  At least,  sampai sekarang.

Sangu tutug oncom yang akan aku buat ini adalah versi legendarisnya, menu tidak di modif sama sekali, apakah itu dengan tambahan campuran bubuk tempe, kerupuk, dan lain-lain.  Rasanya sederhana dan menggugah,  check this out...

RESEP SANGU TUTUG ONCOM
ala Dapur Mama Badar


Waktu memasak: 20 menit
Porsi: 2 orang

Bahan:
2 piring nasi panas
75 gr oncom Bandung

Bumbu tumbuk kasar:
3 ruas kencur
2 siung bawang merah
5 butir cabai rawit merah
1 sdt garam

Cara:
🍚 tumbuk kasar semua bumbu,  masukan ke dalam nasi panas (kalau bisa yang baru diangkat dari dangdang), campurkan semuanya.
🍚 resep sangu tutug oncom siap dihidangkan.

Pelengkap: πŸ— ayam goreng kampung,  πŸ±tahu dan tempe


Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :