Berbagai Resep & Cara Membuat Nasi Goreng Mawut Balado

Artikel Terkait Resep Nasi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Punya sambal tomat di rumah nih. Karena tempo hari bikin tahu goreng, otomatis harus ada sambel di meja makan.
Biasanya saya bikin rada banyak karena orang rumah doyan sambel. Saya kalo bikin nggak terlalu pedas suapaya masih bisa merasakan gurih bumbunya. Jika terlalu pedas, kadang lidah tidak bisa merasakan jejak bumbu karena belum-belum sudah kepedesan. Nah karena sambelnya sisa itulah, saya punya ide untuk bikin nasi goreng yang pasti tidak bakal ditolak orang rumah. Kali ini saya beri mie seperti nasi goreng goreng mawut ala Magelang. Jika bikin nasi goreng biasanya dikasih kecap manis. Kemarin pun saya beri sedikit kecap manis biar rada gelap warnanya (teteeeeuuuppp pake kecap. Wong Jowo tenan iki hihi....). Setelah matang nyam...uenak dong. Nasi goreng gitu lho....Meski pake sambel sisa, di bawah nanti saya tuliskan resep sambelnya juga yah. Sekarang, yuk bikin nasi gorengnya.


Bahan :
100 gr mie kering
500 gr nasi pera dingin
2 sdm kecap manis
5 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 btang daun bawang, iris halus
1 batang wortel, potong dadu kecil
50 ml air
5 bh bakso, iris sesuai selera
3 bh sosis, iris bulat-bulat
4 batang sawi hijau, potong 2-3 cm
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk

Sambal balado :
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir tomat merah ukuran kecil

Cara membuat :
  1. Haluskan semuabahan sambal balado. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu balado sampai matang sambil diaduk-aduk. Aduk terus sampai kering. Beri garam dan gula, koreksi rasanya. Jika sudah pas, angkat dari api, sisihkan.
  2. Rebus mi sampai matang, angkat dan tiriskan. Dalam wadah besar campur nasi, kecap, sedikit garam, sedikit gula dan sedikit merica bubuk, aduk rata. Masukkan mi, aduk kembali sampai rata, sisihkan.
  3. panaskan sedikit minyak bersih di wajan, tumis bawang merah sampai wangi dan agak kering. Menyusul bawang putih dan daun bawang, aduk-aduk sampai wangi. Masukkan wortel dan air, masak sampai wortel empuk dan air habis.
  4. Masukkan sambal balado, bakso, sosis dan sawi. Aduk sampai sawi layu. Menyusul nasi dan mie berbumbu, aduk sampai rata. Beri garam, gula dan merica bubuk. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa, silakan ditambahkan. Masak menggunakan api besar sambil diaduk cepat supaya tidak hangus. Setelah nasi agak kering, angkat dari api. Sajikan dengan bawang goreng.


Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :