Berbagai Resep & Cara Membuat Ketan Sarikaya Pandan

Artikel Terkait Resep Kue
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Assalamualaykum


Beberapa hari libur ngeblog, rindu rasanya. Biasalah sok sibuk dikit. Meski nggak sibuk-sibik amat tapi berusaha untuk tidak menatap terlalu sering pada laptop.
Jika aturan ini dilanggar, mata kiri berasa deh nyut-nyutan. Berasa ngilu gitu. Kalo udah ngilu mau nggak mau harus stop lihat laptop beberapa hari. Meski gitu masih ngeyel liat hape juga hihi....
Kemarin saya bikin ketan sarikaya deh. Kangen karena agak lama nggak bikin. Makanan "kenyang" ini sangat enak dan nikmat dinikmati bersama teh atau ngopi. Sedep. Gurih ketan, karena diberi kelapa parut, dipadu dengan sarikaya manis, Pas deh. Adonan sarikaya ini tidak pake telur karena saya kurang suka sarikaya yang pake telur. Meski banyak yang menykai tekstur lembutnya tapi saya merasa terlalu "berat" ya di lidah hihi...selera orang memang beda-beda. Jika menyukai pake telur, silakan diberi telur ya adonan sarikayanya.


Bahan lapisan bawah :
400 gr beras ketan putih
550 ml santan encer (sisa perasan lapisan atas)
100 gr kelapa agak muda, parut kasar
1 sdt garam halus

Lapisan atas :
600 ml santan kental dari 1,5 butir kelapa tua
1/2 sdt garam
125 gr gula pasir
50 gr tepung beras
25 gr tepung jagung
1/2 sdt pasta pandan

Cara membuat ;
  1. Lapisan bawah : siapkan loyang persegi ukuran 20x20x7 cm, alasi plastik semua bagiannya, olesi minyak goreng. Sisihkan. Siapkan kukusan dan panaskan.
  2. Campur beras ketan, kelapa parut dan garam, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Tuangi santan pelan-pelan sampai rata. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit. Angkat dari kukusan. Dengan menggunakan punggung sendok, tekan-tekan ketan supaya padat dan rata permukaannya (saya lupa tidak melakukan tahap ini sehingga ketan kelihatan mekar dan mudah buyar ketika dipotong). Sisihkan.
  3. Lapisan atas : campur tepung beras dan tepung jagung, tuangi sedikit santan kental sambil diaduk sampai tepung larut. Sisihkan.
  4. Panaskan sisa santan, gula pasir, garam dan pasta pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Koreksi rasanya. Matikan api, tuangkan larutan tepung ke dalam santan panas. Nyalakan lagi api sambil diaduk-aduk sampai kental. Angkat dari api dan tuang ke atas ketan, ratakan.
  5. Kukus kembali selama 30 menit. Selanjutnya buka tutup kukusan dan lanjutkan mengukus selama 10 menit suapaya lapisan atas mengering dan tidak mudah basi. Matikan api. Angkat loyang dari kukusan dan dinginkan.
 


Jangan lupa untuk menyimpan halaman website ini (bookmark) untuk mendapatkan artikel resep masakan terbaru lainnya. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :