Resep Terbaru Kue Bolu Kukus Pelangi Berlapis Pandan Ala Cafe & Resto

Artikel Terkait Resep Kue
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi
Kue bolu Kukus Pelangi
Kue bolu kukus pelangi atau ada juga yang menyebutnya rainbow cake, warnanya sangat cantik dan teksturnya lembut begitu kita gigit. Bolu kukus ini, bisa dibentuk dengan berbagai variasi  warna alami yang indah nan menarik. Rasanya yang cukup manis dan lembut, bolu kukus pelangi sangat digemari dari semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa seperti kake-kake dan nene. Cara membuat kue bolu kukus pelangi inisangat mudah dengan bahan-bahan sederhana. Dengan racikan adonan yang pas, maka bisa menghasilkan bolu kukus yang enak dan yummi.

Bahan Bolu Kukus
  • Tepung terigu - 200 gram
  • Telur - telur ayam
  • Mentega - 200 gram (cairkan hingga dingin)
  • Gula halus - 200 gram
  • Vanili - 1/2 sdt
  • Emulsifer - 1 sdm
  • Baking soda - 1/2 sdt
  • Esen makanan - rasa pandan, jeruk dan strowbery
Cara Membuat Bolu Kukus
  1. Kocok telur dan gula halus menggunakan mixer speed sedang sampai tercampur rata, masukkan vanili, emulsifer dan baking soda, kocok terus hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan mentega leleh secara bertahap, sambil dikocok terus hingga berwarna putih dan pucat serta berjejak. Matikan mixer.
  2. Bagi menjadi 4 bagian sama rata tau sesuai selera, satu bagian berwarna putih, sedangkan yang lain diberi pasta atau pewarna makanan.
  3. Panaskan panci kukusan beserta saringannya dengan air secukupnya di atas api sedang. Sambil menunggu kukusan panas.
  4. Siapkan loyang yang sebelumnya diolesi tipis mentega dan tepung terigu. Tuang adonan warna pertama lalu kukus selama 10 menit agar adonan mengembang sempurna,  setelah 10 menit kemudian masukkan lapisan warna berikutnya lalu kukus lagi selama 10 menit dan sampai warna bagian terakhir. Untuk pelapis warna terakhir, sebaiknya dikukus selama 20 menit atau sampai matang.
  5. Angkat dan dinginkan kemudian balikkan diatas piring saji/ceper selanjutnya angkat cetakan, kue bolu kukus siap untuk disajikan.


Jangan lupa baca lagi konten resep masakan lainnya, semoga artikel resep masakan cafe dan restoran di blog ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang mau belajar memasak. Anda juga bisa memanfaatkan resep-resep masakan dari kami untuk membuat menu tambahan di cafe anda, atau buat anda yang ingin membuka cafe, anda bisa gunakan resep makanan dan minuman dari kami :)
Selain masakan yang umum, kami juga membagikan resep masakan kekinian 2020 ala cafe dan resto, masakan kekinian pastinya adalah masakan populer di cafe-cafe ataupun resto, anda bisa belajar dan membaca bahan-bahan membuatnya pada kategori resep makanan dan minuman di bagian samping blog ini. Salam..

Selain sebagai media informasi kuliner, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :